Membuat Aplikasi Menggunakan Excel

Posted on
Jamkho produk alami

Membuat Aplikasi Menggunakan Excel. Setiap pekerjaan pasti membutuhkan tools atau alat untuk membantu dalam pekerjaan tersebut. Untuk mereka yang bekerja dikantor biasanya membutuhkan aplikasi aplikasi dalam mengolah data. aplikasi utama yang digunakan adalah microsoft excel. Aplikasi ini sangat cocok untuk mengolah segala data dan yang paling menarik adalah microsoft excel bisa digunakan untuk membuat aplikasi lain yang lebih spesifik untuk tujuan tertentu. Dengan menggunakan Fasilitas Visual Basic for Application kita bisa membuat aplikasi yang kita inginkan

Dalam artikel ini tidak akan dibahas langkah demi langkah membuat aplikasi tertentu. Tetapi akan membahas apa saja yang di perlukan untuk bisa membuat aplikasi menggunakan Excel. Agar ketika ingin membuat aplikasi, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan dan apa saja yang diperlukan.

Cara membuat aplikasi menggunakan excel

 

Berikut ini tukangteori.com akan menjelaskan apa saja yang diperlukan untuk bisa membuat sebuah aplikasi menggunakan Excel.

1. Tujuan aplikasi

Poin pertama yang paling penting sebelum membuat aplikasi adalah tujuan aplikasi itu sendiri. aplikasi yang akan kita buat nantinya berfungsi untuk apa dan bagaimana cara penggunaannya. Jangan lupa diperhatikan juga siapa yang akan menggunakannya nanti. Jika untuk dipakai sendiri bebas saja, kecuali Anda membuat untuk client

2. Design Aplikasi

Aplikasi yang Anda buat akan berbentuk seperti apa. Antarmuka yang di buat akan senyaman mungkin atau biasa biasa saja yang penting berfungsi dengan baik. Di VBA excel kita bisa membuat aplikasi menggunakan form atau hanya menggunakan objek yang ada di Excel seperti cell, range, sheet dan lain lain.

3. Algoritma pemrograman

Alangkah baiknya sebelum memulai membuat aplikasi menggunakan excel, Kita membuat terlebih dahulu algoritmanya. Tanpa penyusunan algoritma terlebih dahulu pemrograman akan terkesan acak acakan dan asal jadi saja. Dengan algoritma yang sudah mantabs kita bisa lebih menghemat waktu dalam pembuatannya.

4. Kemampuan VBA

Ini adalah Poin yang paling penting diantara semuanya yaitu mempunyai kemampuan atau pengetahuan tentang VBA. Tanpa pengetahuan yang cukup tentang ini kita tidak bisa membuat aplikasi dengan microsoft excel. Bagi Anda yang dulunya pernah mempelajari pemrograman Visual Basic ini tidak akan terlalu sulit. Yang membedakan hanya lah objek objeknya saja.

Ke empat poin diatas sudah mewakili syarat syarat untuk bisa membuat Aplikasi menggunakan Excel. Untuk tutorial membuat aplikasi yang spesifik mungkin nanti kami akan posting di Tukangteori.com. Oleh karena itu pantengin saja website ini. Untuk mempermudah kami menampilkan apa yang diperlukan oleh para pembaca, para pembaca boleh merequest Tutorial pembuatan aplikasi seperti apa yang diinginkan. Jika kami mampu maka kami akan buat artikel tentang itu. Terima kasih

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini