Rumus Fungsi ROUND untuk Membulatkan Angka Di Excel

Posted on
Jamkho produk alami

Rumus Fungsi ROUND untuk Membulatkan Angka Di Excel. Perlu diketahui bahwa excel memiliki fasilitas untuk membulatkan angka pecahan. Pembulat itu sendiri adalah penambahan atau pengurangan yang dilakukan terhadap angka desimal atau pecahan sehingga menjadi bilangan bulat. Penambahan atau pengurangan disesuaikan dengan angka dibelakang koma.

Pembulatan di microsoft excel sedikit berbeda dengan pembulatan standar matematika, Seperti yang kita ketahui bahwa pembulatan dimatematika biasa ada 2 jenis yaitu pembulatan kebawah dan pembulatan keatas. Pembulatan kebawah dilakukan ketika angka dibelakang koma adalah kurang dari 5. Sedangkan pembulatan keatas dilakukan ketika angka di belakang koma lebih besar sama dengan 5. Sedangkan Pembulatan di microsoft Excel bisa mengacuhkan perarturan tersebut dengan fungsi tertentu.

Fungsi yang digunakan untuk membulatkan angka di Excel ada 3 yaitu, ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN. Fungsi ROUND berfungsi seperti halnya pembulatan matematika biasa seperti yang dijelaskan diatas tadi. Funs ROUNDUP membulatkan keatas tanpa melihat aturan pembulatan keatas matematika biasa. Meskipun angka dibelakang koma adalah 1 (lebih kecil dari 5) angka akan tetap dibulatkan keatas. Sedangkan ROUNDDOWN berfungsi untuk pembulatan kebawah tanpa melihat aturan pembulatan matematika biasa.

Berikut ini adalah format penulisan Fungsi ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN

=ROUND(Number,Num_Digits)

=ROUNDUP(Number,Num_Digits)

=ROUNDDOWN(Number,Num_Digits)

Keterangan

Number = angka yang akan di bulatkan. bisa berupa angka langsung atau angka yang ada di dalam cell

Num_Digits = jumlah angka yang ada di belakang koma ( contoh 1,2 jumlahnya 1.  1,23 jumlahnya 2)

Untuk lebih jelasnya berikut ini gambar tabel penggunaan Fungsi ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN

Menggunakan Fungsi ROUND

Rumus Fungsi ROUND untuk Membulatkan Angka Di Excel

Pada gambar diatas terlihat di kolom “angka” saya menggunakan titik (.) bukan koma karena mengacu pada aturan penulisan inggris jadi harap dimaklum. Jika pengaturan pada komputer anda sudah bahasa Indonesia titik yang ada disitu harus diganti dengan koma (,). Pada tabel diatas kita sudah bisa tahu perbedaan dari masing masing fungsi ROUND. Untuk menggunakan Fungsi ini kepada banyak angka tinggaldi copy saja Fungsinya. Pada kolom “Fungsi”tinggal menambahkan sama dengan (=) agar fungsinya berjalan dan menghasilkan angka seperti pada kolom “Hasil”

Demikian Rumus Fungsi ROUND untuk Membulatkan Angka Di Excel. Penggunaannya mudah sekali dan dnegan menggunakan fungsi ini kita bisa mempercantik tampilan laporan dengan menyingkirkan angka di belakang koma. Semoga Tutorial singkat tentang Excel ini bermanfaat untuk para pembaca.

 

 

Kasih masukanmu di sini