Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Anak

Posted on

Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Anak. Anak Merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk kita. Anak Merupakan “Asset” terbesar yang dimiliki oleh sebuah keluarga. Salah satu kewajiban orang tua terhadap anaknya adalah bekal pendidikan yang cukup. Idealnya seorang anak akan menempuh pendidikan dari Taman Kanak kanak hingga jenjang perguruan tinggi. Semua proses pendidikan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Orang tua harus menyisihkan harta yang  mereka miliki untuk biaya pendidikan anak anak nya.

Salah satu solusi untuk menghadapi beratnya biaya pendidikan anak adalah ikut program asuransi. Memilih asuransi pendidikan yang tepat akan memudahkan para orang tua dalam menanggung biaya pendidikan anaknya. Sekarang ini banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan jenis asuransi ini. Beberapa diantaranya adalah Prudential, Allianz, Bumi putra, manulife dan lain sebagainya.

cara memilih asuransi pendidikan

Ternyata di masyarakat banyak sekali orang yang masih bingung memilih asuransi pendidikan mana yang cocok untuk anak dan keadaan keuangan keluarga. Tukangteori.com akan sedikit membantu para pembaca yang masih bingung dalam memilih asuransi yang bagus untuk menunjang fasilitas ana. Berikut ini adalah Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Anak

1. Kenali Perusahaan dan program Asuransinya

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan sangat lah banyak. Ketika kita ingin memilih asuransi sebaiknya memeriksa dan mencari informasi seputar perusahaan asuransi. Pastikan Perusahaan yang akan kita pilih memiliki reputasi baik. Tanyakan kepada teman atau tetangga yang pernah atau sedang menggunakan asuransi di perusahaan tersebut.

2. Menentukan Jangka waktu kapan dana dibutuhkan

Anda bisa memperkirakan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang sesuai dengan jenjang pendidikan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai biaya pendidikan saat ini kemudian menghitung biaya pendidikan kelak saat tiba usia anak masuk sekolah. Dengan cara ini kita bisa mengambil jenis polis yang akan ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

3. Menghitung kesanggupan Menyisihkan Uang

Dalam hal memilih Asuransi, Kesanggupan menyisihkan uang adalah sesuatu yang harus sangat diperhatikan. Anda bisa melakukannya dengan menghitung dana tunai yang dimiliki dan penghasilan yang dapat disisihkan untuk melakukan investasi pendidikan. Jangan sampai pengambilan asuransi memberatkan atau mengambil sebagian besar penghasilan untuk kebutuhan keluarga. Pilih asuransi pendidikan yang setoran preminya tidak terlalu mahal.

4. Menyesuaikan target dana pendidikan 

Jika dana pendidikan yang ingin dicapai terlalu tinggi, jumlah setoran premi asuransi yang dibayarkan juga semakin mahal. Begitu juga sebaliknya. Supaya tidak terlalu memberatkan, pertimbangkan lagi untuk memilih target dana pendidikan yang cukup tinggi. Kemudian bisa diatasi dengan mengurangi target dana pendidikan yang diinginkan, sehingga setoran preminya pun sedikit lebih ringan.

5. Fasilitas tambahan

Periksa fasilitas tambahan dari asuransi pendidikan yang kita pilih. Jangan sampai kita mengambil fasilitas tambahan yang tidak diperlukan. Kadang kadang perusahaan asuransi menambahkannya tanpa persetujuan kita. Oleh karena itu ketelitian kita diperlukan disini. Anda bisa mengajukan untuk tidak memakai fasilitas tambahan yang tidak diperlukan untuk mengurangi biaya premi setoran. Kecuali fasilitas itu sudah termasuk dalam jenis paket asuransi yang kita ambil.

Semoga Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Anak ini bermanfaat bagi para pembaca. Terutama yang sekarang sedang memiliki anak yang siap untuk menempuh pendidikannya di usia dini. Siapkan lah masa depan mereka agar kelak menjadi orang yang berguna untuk bangsa dan negara, minimal keluarga 😀

Kasih masukanmu di sini