Tips Persiapan Touring Menggunakan Sepeda Motor

Posted on

Tips Persiapan Touring Menggunakan Sepeda Motor. Touring menggunakan sepeda motor adalah salah satu hal yang bisa membuat hati senang dan puas. Berjalan jauh menggunakan motor bersama dengan kawan kawan menimbulkan sensasi tersendiri. Menaklukan medan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh memiliki kebanggaan tersendiri. Agar semuanya berjalan lancar, kita harus mempersiapkan touring dengan baik.

Bagi Anda yang tidak biasa Touring menggunakan motor atau mungkin mau pertama kalinya. Sebaiknya mengetahui  bagaimana Persiapan Touring Menggunakan Sepeda Motor. Ini harus dilakukan mengingat medan yang akan dihadapi berbeda dengan Touring dengan menggunakan mobil. Apalagi jika Anda hanya duduk saja di dalam mobilnya.

Tips Persiapan Touring Menggunakan Sepeda Motor

Gambar dari  hmc-manado.com

Berikut ini Tips Persiapan Touring Menggunakan Sepeda Motor ala Tukangteori.com

1. Persiapan Motor

Motor harus ada dalam keadaan prima. Cek dan tune up motor anda ke bengkel terdekat. Pastikan Bengkel yang Anda datangi adalah bengkel resmi. Selain spare partnya asli sesuai standar, biasnya bengkel resmi memberikan jaminan service terutama pada “trouble machine”. Kita bisa menggunakan jaminan tersebut untuk service di daerah yang terlewati selama kita tour nanti. Tanyakan apa saja yang perlu diperhatikan selama menggunakan motor tersebut selama touring kepada mekanik bengkel dan ikuti saran saran mereka.

Pastikan semua komponen motor jalan dengan baik. Mulai dari starter, lampu sampai klakson. Tes drive motor setelah dari bengkel. Rasakan apakah ada yang berbeda atau kurang. Jangan sampai motor mogok ditengah tengah perjalanan gara gara kita kurang teliti untuk memeriksa kondisi kendaraan.

2. Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Setelah memastikan motornya sudah siap, tinggal memastikan kesehatan yang akan mengendarainya. Jaga kesehatan tubuh selama menunggu hari keberangkatan tiba. Makan makanan yang sehat dan perbanyak meminum air putih untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh. Kalau perlu minum vitamin setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Perlengkapan berkendara

Persiapkan perlengkapan berkendara seperti SIM, STNK, Sarung tangan, Helm, Masker dan jas hujan. Bisa juga membawa tas untuk perlengkapan lainnya seperti bajau ganti dan makanan. Perlengkapan seperti ini jangan sampai lupa untuk dibawa. Untuk lebih amannya lagi bawa perlengkapan P3K. Mungkin suatu saat akan dibutuhkan. Perlengkapan P3K sebetulnya bisa dibawah oleh seseorang untuk satu team/ group touring. Tidak lupa juga untuk membawa uang  😀

4. Informasi Lokasi

Mengumpulkan sebnayak mungkin informasi tentang tempat yang akan dituju, jalan yang akan dilewati dan keadaan di sepanjang perjalanan. Harus diperhatikan juga faktor cuaca, apakah hujan , angin atau panas. Ini untuk memprediksi kemungkinan kemungkinan yang terjadi serta mengambil keputusan yang terbaik. Kumpulkan juga informasi nomor telepon polisi atau tempat tempat yang bisa dimanfaatkan selama perjalan.

5. Briefing dan Technical meeting

Plannning atau rencana perjalanan harus jelas. Panitia sebaiknya melakukan briefing atau teknikal meeting untuk menginformasikan rencana yang akan dilakukan selama touring. Disini juga akan dibentuk team team untuk memudahkan dalam berkoordinasi. Kekompakan sangat dibutuhkan untuk menghindari hal hal negatif dan selamat di perjalanan.

6. Berdoa

Selalu ingat bahwa manusia hanya berusaha dan Allah yang memutuskan. Memintalah kepada Dia agar kita selamat diperjalanan sampai tujuan dan kembali lagi ke rumah dengan bahagia.

Memepersiapkan Sepeda motor

Mungkin itu saja Tips Persiapan Touring Menggunakan Sepeda Motor dari tukangteori.com. Semoga Artikel ini berguna untuk Anda  dan Perjalanan touring Anda menyenangkan.

Kasih masukanmu di sini