Cara Memilih Buah Semangka yang Merah, Matang dan Manis

Posted on
Jamkho produk alami

Cara Memilih Buah Semangka yang Merah, Matang dan Manis. Semangka merupakan salah satu buah yang banyak penggemarnya. Rasanya yang manis serta kandungan air yang ada di dalamnya membuah buah ini banyak dicari. Apalagi di musim panas atau kemarau, buah ini bisa menjadi pelepas dahaga yang bagus.

Buah ini berasal dari daerah Afrika selatan yang memiliki hawa panas di sepanjang tahun. Entah kapan Buah ini sampai ke Indonesia. Semangka termasuk jenis tanaman merambat seperti halnya labu labuan. Masih kerabat dengan Melon dan Ketimun di lihat dari bentuk tanamannya sangat mirip.

Manfaat dari buah Semangka bagi tubuh manusia diantaranya adalah bisa menjadi obat sariawan, obat jerawat, anti oksidan, Mengontrol tekanan darah dan memberikan kesegaran pada kulit. Untuk mendapatkan semua manfaat yang ada pada semangka, Kita harus memilih dengan baik. Buah semangka baik di pasar atau pun di super market tidak menjamin semuanya bagus. Kita harus bisa memilih semangka yang merah, matang dan manis. Ada juga semangka yang berwarna kuning ketika matang.

Cara Memilih Buah Semangka yang Merah

Berikut ini adalah Beberapa Cara Memilih Buah Semangka yang Merah, Matang dan Manis :

1. Periksa bagian bawah dari semangka. umunya semangka bagian bawahnya memiliki bulatan kecil, semakin bentuk lingkarannya kecil maka semakin bagus kualitas Semangka tersebut.

2. Melihat kematangan dari buah semangka yang ada di pasaran cara nya gampang. Jika semangka yang hendak kita beli masih memiliki tangkai, Tarik tangkai tersebut. Jika tangkainya mudah dicabut sekaligus, berarti semangka itu sudah bagus tingkat kematangannya. Biasanya tangkai Semangka sudah mengering ketika di bawa ke pasar atau supermarket.

3. Pilihlah buat semangka yang berbentuk sebulat mungkin dan pastikan Anda memilih yang paling berat. Karena buat semangka yang berat mengandung banyak air. Buah seperti ini biasanya ketika kita belah, potongannya akan terlihat halus dan bagus. Beda lagi urusannya jika semangkanya di bentuk kubus atau hati oleh petani 🙂

4. Pilihlah semangka yang pada bagian paling atas dan pada ruas garis yang mengelilingi kulit buahnya berwarna hijau ketuan. Hal ini sudah di pastikan semangka yang kita pilih daging buahnya akan berwarna merah.

5. Memilih Semangka berbeda halnya dengan memilih buah Nangka, Kalau buah nangka di tepuk tepuk suaranya nyaring berarti sudah matang dan bagus. Buah Semangka ketika bunyinya nyaring maka buah tersebut sudah terlalu matang bahkan kualitasnya sudah jelek.

6. Pastikan Anda memilih buah semangka yang masih segar. Tanyakan kepada penjual atau penjaga stand. Kapan buah tersebut datang ke tokonya. Karena semakin lama disimpan, buah semangka akan semakin turun kualitasnya. Rasa Manis dan airnya menjadi hilang dan warna dagingnya menjadi merah tua.

Rangkuman dari beberapa tips diatas, ciri ciri semangka yang bagus adalah memiliki bentuk bulat dengan warna yang gelap, memiliki bulatan kecil pada ujung kemudian ketika ditepuk suara tidak begitu nyaring. Sekian Tutorial Cara Memilih Buah Semangka yang Merah, Matang dan Manis. Semoga apa yang ada pada tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca. Bantu kami like dan share artikel ini jika dirasa bermanfaat bagi anda dan teman teman 🙂

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini