Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Posted on
Jamkho produk alami

Cara Mempercepat loading website wordpress adalah sesuatu hal yang diperlukan untuk para pemilik website atau blog. Banyak keuntungan yang diperoleh jika kita memiliki website atau blog yang loading nya cepat. Perlu diketahui bahwa mesin pencari google lebih suka web yang mempunyai waktu loading yang cepat. Sehingga semakin cepat loading maka semakin bagus untuk SEO.

Selain itu, mempunyai website blog wordpress yang loadingnya cepat disukai oleh para pengunjung. orang akan lebih menyukai website kita jika setiap membuka page tidak menunggu lama. bukannya menikmati konten yang kita sajikan malah kesal harus menunggu halaman web kita muncul.

Pada artikel kali ini Tukangteori.com akan membagikan pengetahuan tentang Cara Ampuh Mempercepat Loading website wordpress. Ada banyak cara untuk mempercepat loading website untuk anda yang menggunakan CMS wordpress, anda mungkin sudah membaca bermacam-macam cara untuk mempercepat loading website anda dari berbagai artikel di internet. Tapi apakah itu cukup membantu Anda dalam meningkatkan kecepatan loading website ?

Berikut ini adalah ringkasan trik yang bisa menjadi acuan anda jika ingin mempercepat loading situs yang menggunakan CMS wordpress secara maksimal. Ada yang dilakukan oleh kita secara manual, bisa juga dengan cara otomatis dengan batuan plugin plugin yang tersedia di wordpress.org

Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Berikut adalah beberapa poin yang mendukung Anda untuk meningkatkan kecepatan loading website wordpress :

1. Gunakan web hosting yang berkualitas

Kualitas hosting sangat berpengaruh dalam kecepatan loading blog. Memilih hosting yang bagus adalah kewajiban karena tanpa itu web kita akan terkena banyak masalah, salah satunya kecepat loading ini. Jika Anda benar benar serius dalam membangun website atau blog sebaiknya gunakan dedicated server atau VPS. Menggunakan shared hosting akan berpengaruh pada kecepatan karena harus berbagi dengan pelanggan lain.

2. Pilih Theme yang ringan

Pemilihan theme yang ringan membantu kita untuk mempercepat loading. banyak creator theme yang memperhatikan hal ini. Sebisa mungkin pilih theme yang nilai pagespeed dan Yslow A di lembar promonya. Penggunaan theme premium memudahkan kita dalam optimasi loading time karena sudah tidak perlu otak atik lagi. theme gratis juga banyak yang bagus tetapi harus rajin untuk edit edit agar tidak kalah cepat dengan premium. Salah satunya adalah theme Iconic one.

3. Gunakan Plugin untuk Caching seperti W3 Total Cache, Wp Super Cache atau Zencache

4. Optimasi CSS dan Javascript

Agar loading website wordpress lebih cepat, kita harus mengoptimasi CSS dan Javascript. Istilah yang sering kita dengan adalah minify dan combine. Pada plugin W3 Total Cache sudah ada fasilitas minify untuk CSS dan JS sehingga kita tidak perlu menambah plugin lagi. Sedangkan untuk meng-combine nya bisa dilakukan secara manual, bisa juga menggunakan plugin JCH optimizer. Selain itu, kita bisa melakukan optimasi pada CSS dan JS dengan cara mengatur posisi pada saat loading Panggil file CSS anda di bagian atas (di dalam head) dan panggil file Javascript anda dibagian akhir (sebelum tag /body).

5. Sebisa mungkin jangan memasukan Flash ke tampilan Website 

6. Jangan menggunakan banyak plugin, pasang yang benar benar diperlukan. 

Hampir setiap plugin menghasilkan file Javascript. Semakin banyak plugin berati semakin banyak javascript yang harus diload ketika website kita dibuka oleh pengunjung. Kita bisa menggunakan Plugin P3 (Plugin Performance Profiler) untuk mendeteksi plugin mana yang berpengaruh atau memakan waktu lama ketika laman diload.

7. Hapus komentar spam secara manual atau cegah spammer dengan plugin akismet

8. Kompres gambar yang akan digunakan

Aplikasi seperti ImageOptim dapat memperkecil ukuran gambar Anda tanpa mengorbankan kualitas. ImageOptim ini menurut orang-orang yang sudah menggunakan dapat memperkecil ukuran file sampai 25%. Selain itu Anda bisa menggunakan plugin khusus untuk compress gambar yaitu WP SMUSH atau EWWW image optimizer.

9. Gunakan CDN seperti CloudFlare, Amazon CloudFront, Max CDN, dll.

10. Gunakan kompres gzip

Banyak web host melakukan ini secara otomatis, tetapi jika tidak, anda bisa menggunakan plugin seperti WP HTTP Compression plugin. Selain itu, kita juga bisa memasang GZIP dengan cara memasukan code berikut ini pada file .htaccess

# compress text, html, javascript, css, xml:
AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript
AddType x-font/otf .otf
AddType x-font/ttf .ttf
AddType x-font/eot .eot
AddType x-font/woff .woff
AddType image/x-icon .ico
AddType image/png .png

11. Optimasi database

Anda bisa menggunakan plugin seperti WP-DBManager atau WP-Optimize untuk optimasi database. Plugin Wp-optimize bisa digunakan untuk menghapus revision ( data ketika kita melakan revisi pada postingan). Matikan pingback atau trackback, kadang ini tidak diperlukan karena hanya akan memenuhi database anda

12. Gunakan plugin Lazy Load

Penggunaan plugin lazy load ditujukan untuk menunda loading gambar. Jadi ketika pengunjung membuka laman web kita akan langsung melihat konten. Gambar akan muncul ketika pengunjung menscroll halaman sesuai dengan posisi gambar.

Cara Mempercepat loading website wordpress diatas bisa anda lakukan tanpa kemampuan teknis yang terlalu tinggi. Jika Anda kesulitan untuk optimasi kecepatan blog. Lebih baik mencari orang yang ahli koding atau website developer. Tetapi saya sendiri yakin dengan tips mempercepat loading yang ada diatas sudah bisa dibilang bagus. Selama itu website sendiri, kita bisa mengotak atiknya sesuka kita. oleh karena itu silahkan praktekan Cara Mempercepat loading website wordpress

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini