Cara Menghitung Persentase pada Excel

Posted on
Jamkho produk alami

Cara Menghitung Persentase pada Excel lebih mudah dibandingkan dengan cara manual. Sebelum masuk pada cara menghitung persentase di excel. alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu istilah persentase ini. Pastinya temen temen semua pernah mendengar kata persentase. Dalam ilmu matematika persentase adalah sebuah bagian atau pecahan dari seratus.

Bayangkan ada kelereng seratus, Kemudian kita ambil sepuluh kelereng dari sepuluh. sepuluh dari seratus berarti sepuluh persen. Simbol untuk persentase adalah “%” . Jika kita melihat ada angka kemudian di belakangnya ada tanda “%” berarti itu adalah menunjukan persentase. Contohnya 40% dibaca Empat puluh persen.

Rumus matematika dari persentase adalah sebagian dibagi keseluruhan dikali dengan seratus persen. contoh :

25/50 x 100% (bisa juga 100/100)

0,5 x 100% = 50%

Pada Microsoft Excel untuk menghitung persentase sangatlah mudah. Karena kita tidak perlu menghitungnya secara manual, cukup masukan rumus dan rubah format cell menjadi persentase maka langsung didapatkan hasilnya.

Perhatikan gambar berikut ini :

cara menghitung persentase pada excel

Dengan menggunakan perhitungan persentase ini kita bisa menentukan persentase keuntungan dalam penjualan. Contoh perhitungan persentase penjualan barang pada Excel :

Seorang pedagang ingin menjual dagangannya dengan keuntungan persentase tertentu. Kita asumsikan saja pedagang ini ingin mendapatkan keuntungan 15% dari setiap dagangannya.

  1. Buka Workbook baru seperti biasa
  2. Masukan Data seperti berikut :

rumus untuk menghitung persentase

3. Harga jual adalah harga beli yang ditambahkan harga beli dikali dengan persentase keuntungan yaitu 15%. Dalam perhitungan persentase kita tidak membutuhkan fungsi jadi pakai rumus matematika sederhana saja. Jadi Formula yang dipakai adalah seperti berikut :

Cara menghitung persentase penjualan

Temen temen bisa lihat pada kolom preview formula bagaimana rumus matematika yang digunakan. pada prosesnya sistem akan mengalikan terlebih dahulu kemudian menambahkannya. misalkan pada formula yang ada pada cell E3, mula mula B3  (yang kedua) akan dikalikan dengan C3 kemudia hasilnya ditambahakan dengan B3 (yang pertama). Hasil keseluruhannya adalah harga jual yang memeberikan keuntungan 15% dari harga beli.

Anda juga bisa menggunakan perhitungan sederhana untuk menentukan persentase lain. Seperti persentase Diskon, persentase deposito dan lainnya. Jangan lupa untuk mempraktekan tutorial tutorial yang ada di Tukangteori.com. Karena tanpa praktek semuanya hanya akan menajdi teori saja. selamt mencoba Cara Menghitung Persentase pada Excel.

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini