Cara Memilih Buah Kiwi yang Baik

Posted on

Anda sangat membutuhkan tips Cara Memilih Buah Kiwi yang Baik, jika ingin mendapatkan manfaat luar biasa dari buah tersebut. Buah kiwi adalah buah yang kaya akan serat. memiliki ciri kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan.

Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang manis dan unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara termasuk di Indonesia. Di Indonesia belum terlalu banyak orang yang membudidayakan buah kiwi. Negara kita masih memanfaatkan Import dari Amerika dan Australia untuk kebutuhan buah Kiwi.
Cara Memilih Buah Kiwi yang Baik

Kiwi Fuit by bellafruits.com

MANFAAT BUAH KIWI UNTUK KESEHATAN

Buah kiwi sudah terkenal akan khasiatnya. buah yang berbentuk lonjong seperti telur ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Yang paling terkenal adalah manfaat buah kiwi untuk ibu hamil, Buah ini membantu menghindarkan bayi dari cacat otak. Dengan mengkonsumsinya 3 kali seminggu, cukup untuk mengamankan calon bayi dari kelainan otak.

Dr. Marlyn Glenville, mantan Presiden Food and Health Forum, mengatakan bahwa kulit buah kiwi yang berambut mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada dagingnya. Manfaat dari kandungan antioksidan yang tingi dari kiwi, antara lain:

  • antikanker
  • antiperadangan
  • antialergen
  • melawan bakteri Staphylococcus dan E-coli, yang membuat manusia keracunan makanan

Buah Kiwi Juga mengandung Ion Potassium yang membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu ada beberapa manfaat buah kiwi lainnya sebagai berikut :

1. Membantu pencernaan Anda dengan Enzim

Kiwi mentah mengandung actinidain, enzim protein-larut yang dapat membantu mencerna makanan mirip dengan papain dalam pepaya atau bromelain dalam nanas.

2. Membantu Mengelola Tekanan Darah

Buah Kiwi tinggi tingkat kalium membantu menjaga elektrolit dalam keseimbangan dengan menangkal efek natrium.

3. Melindungi dari Kerusakan DNA

Sebuah studi oleh Collins, Horska dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik dari antioksidan dalam buah Kiwi membantu melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyimpulkan ini dapat membantu mencegah kanker.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah kiwi Tinggi konten vitamin C bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menjagak Berat Badan

Buah Kiwi rendah Indeks glikemik dan kandungan serat yang tinggi berarti tidak akan terburu-buru membuat insulin yang kuat seperti buah lain dengan isi gula tinggi, sehingga tubuh tidak akan merespon dengan menyimpan lemak

JENIS JENIS BUAH KIWI

Ada 2 Jenis kiwi yang ada di pasaran, yakni kiwi hijau dan kiwi kuning. Kedua jenis kiwi tersebut memiliki ciri masing masing, jadi kita bisa dengan mudah membedakannya.

jenis jenis buah kiwi

China Gooseberry by natureloc.com

Ciri Ciri Buah Kiwi Hijau

  • Buah kiwi jenis hijau bentuknya tidak begitu lonjong, bahkan beberapa hampir berbentuk bulat
  • Rasa buah kiwi hijau manis dan segar
  • Bijinya berwarna hitam dan menyebar tidak terlalu banyak
  • Ditengah buah kiwi terdapat bagian yang berwarna putih lebih besar

Ciri Ciri Buah Kiwi Kuning

  • Buah kiwi yang berwarna kuning memiliki bentuk lonjong
  • Rasanya agak masam
  • Bijinya lebih banyak dari pada kiwi jenis hijau
  • Bagian putih yang ada di tengah lebih kecil dibandingkan dengan kiwi hijau

CARA MEMILIH BUAH KIWI YANG BAIK

Untuk mendapatkan manfaat dari buah kiwi, sebisa mungkin kita bisa memilih mana buah kiwi yang baik dan mana buah kiwi yang tidak baik untuk dikonsumsi. Rasa buah kiwi yang bagus adalah manis/agak masam dan segar dengan tekstur daging yang lembut.

1. Memilih Buah kiwi berdasarkan warna kulit

Pilihlah Buah kiwi yang kulitnya berwarna hijau kecoklatan (pekat) untuk Kiwi jenis hijau, sedangkan untuk Kiwi jenis kuning pilihlah kulit yang berwarna kuning keemasan.

2. Memilih Buah kiwi dengan cara menekannya

Ketika memilih buah kiwi, coba tekan dengan ibu jari apakah masih keras atau sedikit lunak. Buah Kiwi yang matang biasanya sedikit lunak sama seperti halnya kita memilih buah alpukat. Jangan memilih yang terlalu lunak karena terlalu kematangan.

3. Memilih Buah kiwi berdasarkan baunya

Bau buah kiwi yang bagus dan sudah matang adalah seperti bau citrus yang harum dan segar. Jangan memilih buah kiwi yang bau masam atau kecut.

4. Memilih buah Kiwi berdasarkan konsidi dan tekstur kulit

Hindari lah memilih buah kiwi yang kulitnya sudah berkeriput, lembab atau bahkan berjamur. Buah Kiwi yang seperti itu kandungan gizi dan airnya sudah berkurang. Carilah buah Kiwi yang memiliki tekstur kulit yang halus dan kencang.

Untuk menjaga kesegaran buah kiwi, sebaiknya Anda menyimpannya di lemari es. Jangan terlalu lama membiarkannya berada dalam suhu kamar atau lembab. Buah Kiwi juga lebih nikmat jika disantap ketika masih dingin.

Cara mengkonsumsi Buah kiwi bermacam macam. Untuk buak kiwi jenis hijau, sebaiknya kulitnya dikupas atau bisa juga di belah dua kemudian buahnya diambil mengggunakan sendok. Untuk buah kiwi yang berjenis kuning, Anda bisa mengkonsumsi bersamaan dengan kulitnya. Karena Kulit Buah kiwi jenis ini mengandung banyak nutrisi dan teksturnya jauh lebih lembut dari pada jenis buah kiwi hijau.

Jangan sampai lupa ketika Anda membeli buah kiwi dipasar atau super market, Memperaktekan tips cara memilih buah kiwi yang baik ini ya 🙂

Kasih masukanmu di sini