Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Tubuh – Coklat merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari. Rasanya yang manis dan enak, membuat orang orang ketagihan untuk memakannya.  Selain memiliki rasa yang nikmat, lezat, dan enak, makanan yang satu ini “coklat” juga banyak menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun banyak juga orang yang beranggapan mengkonsumsi coklat bisa mengakibatkan obesitas dan gigi cepat rusak.

Padahal penyebab utama gigi dan obesitas/kegemukan itu bukan di karenakan mengkonsumsi coklat saja. Melainkan diakibatkan karena kandungan gula dalam coklat, oleh karena itu kita tidak boleh memakan makanan yang mengandung gula terlalu banyak, karena akan menyebabkan obesitas.

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan TubuhManfaat Coklat Untuk Kesehatan Tubuh

Lalu bagaimana dengan kesehatan tubuh? Apakah coklat sepenuhnya merusak tubuh atau malah membuat tubuh menjadi lebih sehat? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita baca bersama artikel tentang manfaat coklat untuk kesehatan tubuh yang ada di bawah ini :

Coklat memiliki Kandungan zat dan gizi yang baik untuk tubuh kita disamping gula. Sebagian besar kandungan coklat, terdiri dari berbagai jenis zat seperti berikut :

14% kandungan karbohidrat
9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
31% lemak
zat-zat lain, seperti alkanoid (zat yang menyebabkan coklat terasa pahit)
Sejumlah kandungan zat dalam coklat yang begitu beragam inilah yang menjadikan coklat baik dikonsumsi juga memberikan dampak baik juga bagi kesehatan.

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kesehatan yang mungkin dari coklat karena mengandung senyawa antioksidan bernama flavonoid. Coklat berasal dari tanaman kakao, dan kakao adalah luar biasa kaya flavanols, jenis fitokimia flavonoid. (Tanaman lainnya yang kaya flavanols termasuk yang ditemukan pada manfaat teh, manfaat jeruk dan anggur). Kedengarannya memang cukup sederhana, tetapi mengkonsumsi beberapa jenis coklat yang kaya akan kandungan flavonoid ini, diduga dapat mempengaruhi kesehatan sistem tubuh.

Manfaat coklat bagi dan untuk kesehatan tubuh anda di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membantu Tubuh Dalam Menurunkan Tekanan Darah Serta Kolesterol
Makanan Coklat ialah salah satu makanan yang mengandung zat atau senyawa yang berfungsi sebagai zat penenang syaraf-syaraf dalam tubuh yang tegang.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, dengan mengkonsumsi coklat, seseorang akan merasakan lebih rileks berfikir, bagai mana dengan anda? nah,  jika pikiran kira bisa menjadi tenang dan rilek maka kita akan terhindar dari tekanan darah tinggi.

Dark chocolate juga telah di teliti mampu menurunkan masalah tekanan darah tinggi, sehingga bagi anda yang memiliki penyakit darah tinggi dapat mengkonsumsi Dark coklat.

2. Dalam Coklat Terdapat Kandungan Antioksidan Tinggi
Menurut beberapa pakar penelitian, ternyata dalam coklat  juga terdapat kandungan flavanol, kandungan ini sejenis dengan kandungan flavanoid yang ada pada coklat.

Flavanoid sendiri adalah salah satu senyawa yang terbentuk dari proses alamiah yang terjadi pada makanan nabati. Selain itu flavanoid juga berguna untuk antioksidan serta senyawa yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

3. Adanya kandungan Anti-Depresi
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam makanan coklat terdapat kandungan serotonin alami yang berguna untuk anti-depresan. Nah dengan mengonsumsi Cokelat ternyata juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi enzim endorfin, enzim inilah yang berperan penting dalam menciptakan perasaan senang serta bahagia pada penikmatnya.

4. Mencegah Kerusakan Pada Gigi
Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa makanan ini merusak gigi, namun tahukah anda bahwa sebenarnya coklat itu malah bisa menjaga gigi anda dari kerusakan?? Asalkan setelah makan anda langsung menggosok gigi dengan baik dan benar.

Kenapa coklat dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi??? Hal ini dikarenakan dalam sebuah coklat terdapat kandungan zat theobromine, zat inilah yang bisa membuat gigi anda terhindar dari kerusakan.

5. Menambah Panjang Umur Seseorang
Mmenurut sebuah hasil penelitian yang dikerjakan di Negera Belanda, mereka mengungkapkan bahwa seorang laki-laki yang mengkonsumsi coklat bisa menjauhakan dirinya dari penyakit, sehingga ia bisa lebih panjang umur.

6. Melancarkan sirkulasi Aliran Darah

Flavonoid  Terkandung dalam cokelat dan mereka juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah Anda mengkonsumsinya. Dengan melebarkan pembuluh darah di otak, flavonoid meningkatkan aliran darah.

7. Menurunkan Berat Badan

Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini menghasilkan penemuan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang terkenal baik untuk menjaga berat badan, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang yang sedang melakukan program diet.

8. Meningkatkan Intelijen

Coklat tidak hanya akan membantu mengurangi efek stress terhadap lingkungan, tapi juga akan meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan. Kondisi ini ditemukan oleh para peneliti dari A University of Nottingham, yang menemukan bahwa minum kokoa kaya flavanol berpengaruh dalam peningkatan aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan otak dalam jangka pendek.

9. Coklat mengurangi resiko kanker.

Kakao, atau coklat mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor. Dengan mengkonsumsi coklat setiap hari dengan porsi yang tidak terlalu banyak, dapat mengurangi resiko terkena kanker.

10. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Seorang peneliti dengan John Hopkins pada University School of Medicine. Dalam penelitian, coklat hitam dapat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, kata Diane Becker, MPH, ScD. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan pada mereka yang tidak. Hal ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

Coklat untuk diet

Itulah 10 Manfaat Coklah bagit kesehatan tubuh kita. Sebenarnya masih banyak manfaat coklat yang bisa kita dapatkan. tetapi yang sepuluh di atas seharusnya sudah bisa membuat kita tertarik untuk mengkonsumsi coklat karena manfaatnya yang begitu melimpah.

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini