Cara Menampilkan Angka Nol di Depan pada Cell Excel

Posted on

Cara Menampilkan Angka Nol di Depan pada Cell Excel – Bagi Seorang Administrator, Anda pernah suatu hari diminta untuk memasukan I atau kumpulan angka lainnya yang didepannya ada angka 0 (Nol) nya. Pada saat pertama kali memasukannya pasti Anda bingung kenapa nol nya hilang setelah di enter. Tidak perlu heran karena ini adalah efek format default pada microsoft excel.

Format awal sel yang ada di microsoft excel adalah general. Secara otomatis excel akan mengenali jenis data yang dimasukan, bisa berupa angka, huruf, tanggal, jumlah uang dan lain lain dan excel akan menentukan format yang cocok untuk data tersebut. Ketika kita memasukan nol kemudian diikuti angka angka lain, angka nolnya akan menghilang karena formatnya “number”. Tetapi jika setelah angka nol dimasukan huruf, angka nolnya tidak akan hilang karena format yang di set untuk sel yang  di isi data adalah “Text”  (jadi dianggap teks bukan nomor dengan nilai tertentu).

CARA MENAMPILKAN ANGKA NOL DI DEPAN PADA CELL EXCEL

Jika anda ingin tetap memasukan data yang berisi angka semua dan di depannya nol, Anda harus mengetahui beberapa Cara Menampilkan Angka Nol di Depan pada Sel Excel. Dan Anda masuk ke halaman yang tepat, karena di artikel ini Anda akan menemukan tutorial untuk memunculkan angka nol didepan data numerik. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan angka nol didepan.Yang pada intinya adalah merubah format sel dari angka menjadi teks.

1. Merubah fomat dengan cara menambahkan tanda petik (‘)

Cara pertama untuk menampilkan angka nol didepan sel adalah dengan cara menambahkan tanda petik didepan angka nol tersebut. Contohnya jika kita ingin memasukan data 00876538 maka kita harus menambahkan tanda petik (‘) seperti berikut ‘00876538 Perhatikan gambar dibawah. pada sel A1 tidak menggunakan tanda petik sedangkan di sel A3 menggunakan tanda petik. Nanti akan muncul pilihan di sudut kiri atas sel, kita pilih saja Ignore Error

memunculkan angka nol di excel dengan tanda petik

2. Merubah format cell secara langsung untuk memunculkan angka nol

Cara berikutnya agar angka nol muncul di depan sel Excel adalah dengan cara merubah format cell secara langsung. Kita akan melakukannya pada cell 2 pada lembar contoh yang sama dengan cara 1. pertama tama sorot / pilih cell C2 kemudian klik kanan, pilih format cells. Kemudian pilih teks dan Isikan data pada cell tersebut.
Cara Menampilkan Angka Nol

Hasilnya seperti berikut ini :

Cara Memunculkan Angka Nol di Depan pada Cell Excel

Sebenarnya ada lagi satu cara yaitu dengan menggunakan custom format, tetapi saya rasa dengan menggunakan 2 cara diatas sudah cukup dan lebih cepat daripada kita capek capek mengedit format, malah nanti kalau salah formatnya menjadi acak acakan. Bagi Anda yang sudah ahli meungkin cara memunculkan angka nol didepan ini biasa biasa saja. Tetapi bagi pada pemula excel, cara ini sangat membantu dalam proses belajar dan bekerja.

Semoga artikel tentang Cara Menampilkan Angka Nol di Depan pada Cell Excel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca. Jangan lupa untuk membaca tutorial tutorial Excel lainnya di Tukangteori.com karena Excel itu sangat luas dan kami akan bantu Anda untuk mengeksplorasinya 😀

 

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini