20 Istilah Dalam DOTA 2 yang Perlu diketahui oleh Pemula

Posted on
Jamkho produk alami

20 Istilah Dalam DOTA 2 yang Perlu diketahui oleh Pemula.  Jika Anda baru saja memulai debut untuk bermain game DOTA 2 baru niat untuk memainkannya, Maka Anda masuk kehalaman yang tepat. Karena pada Artikel ini akan dijelaskan beberapa hal mendasar dalam permainan DOTA 2. Perlu diingat bahwa permainan ini tidak bisa dikuasai dengan cepat, butuh beberapa bulan untuk mempelajarinya. Jumlah hero yang banyak, skill yang dimilikinya dan kombinasi Item, bahkan update mapnya membuat kita tidak bosan untuk melakukan eksperimen.

Bermain DOTA 2 bukan hanya sekedar menggerakan hero kesana kemari, mengeluarkan skill seenaknya dan memilih hero seenaknya. Tujuan game DOTA 2 memang menghancurkan base musuh, tetapi jalan untuk melakukannya tidak lah sembarangan. Butuh team work dan strategi untuk memenangkan pertandingan.

20 Istilah Dalam DOTA 2 yang Perlu diketahui oleh Pemula

20 ISTILAH DALAM DOTA 2 YANG PERLU DIKETAHUI OLEH PEMULA

Kemampuan bermain DOTA 2 Anda akan semakin berkembang seiring dengan pengalaman. Tetapi belum tentu yang lebih lama main, lebih baik dari Anda. Rata rata orang orang mulai bermain tanpa membaca teori atau tutorialnya. DOTA 2 adalah permainan yang kompleks, sebisa mungkin kita harus membaca literatur untuk permainan tersebut. Dengan memiliki pengetahuan dasar Game ini, kita akan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan orang orang yang langsung bermain tanpa memiliki pengetahuan dasar.

Berikut ini adalah 20 Istilah Dalam DOTA 2 yang Perlu diketahui oleh Pemula :

1. Hero

Hero adalah Individu atau karakter utama yang kita mainkan. Dalam satu game (Match) DOTA 2 terdapat 2 Team, masing masing terdiri dari 5 Hero. Pada saat game dimulai, Anda berada pada salah satu team dan harus memilih dan memainkan 1 Hero. Ke 5 Hero ini harus bekerja sama dengan baik sehingga bisa menghancurkan base dan memenangkan Game. Sampai sekarang ada sekitar 111 Hero yang bisa kita pilih dalam game DOTA 2

2. Ability Hero

Setiap Hero yang ada pada permainan Dota 2 Memiliki skill yang berbeda beda. Rata rata hero memiliki 4 skill, ada beberapa yang memiliki skill lebih dari 4. Setiap Skill memiliki fungsi tertentu, bisa menghentikan pergerakan lawan, membuat lambat, menghasilkan damage, menghilang dan banyak lagi. Sebisa mungkin kita mengerti semua skill hero untuk mengetahui kekuatan team kita dan team lawan. Kita juga bisa melakukan combo dengan menyatukan skill satu hero atau beberapa hero sekaligus.

3. Health point dan mana

Health point adalah ukuran kesehatan dari hero kita. Jika Health point 0, hero kita akan mati dan respawn. Setiap hero memiliki Health point yang berbeda beda, health point bertambah ketika strength (kekuatan bagian dari ability point) bertambah juga bisa ditambah dengan menggunakan Item. Mana adalah energi, setiap skill yang digunakan biasanya membutuhkan energi. Ada juga beberapa skill dari hero hero tertentu membutuhkan health point untuk mengeluarkan skill.

4. Item

Item adalah suatu benda yang memiliki fungsi tertentu, fungsinya berbeda beda. ada yang bisa buat hero berhenti (stun), ada yang bisa bikin slow, ada silent (tidak bisa mengeluarkan skill), menambah HP dan mana dan banyak lagi. Setiap hero hanya bisa membawa 6 jenis item sesuai slot yang diberikan.

5. Role Hero

Dalam satu pertandingan atau game, satu team terdiri dari 5 hero. Ke 5 hero yang dipilih tidak boleh sembarangan. Sebisa mungkin peran peran dalam team terpenuhi. Ada yang menjadi Support, Carry, Offlaner dan mid laner.

Hero support bertugas untuk mendukung anggota team lain dengan membeli ward, kurir (makhluk pembawa item), baby sitter untuk hero carry dan membantu dalam team fight.

Hero Carry biasanya hero yang bisa membawa team menang. ketika hero ini memiliki level dan item yang mumpuni, hero ini diharapkan dapat mengalahkan hero hero musuh dan membawa team untuk menang.

Offlaner bertugas untuk jalan jalan kesana kemari, berpatroli, gank dan membantu bertarung di lane.

Hero Midlaner adalah hero yang berada di lane tengah, biasanya hero di lane tengah lebih cepat level up karena experience dari killing creepnya tidak terbagi dengan hero lain.

6. Mapping

Mapping sering disebut dengan pengenalan peta. Sebagai pemain, mengenal peta dengan baik adalah salah satu keuntungan. Kita bisa mengetahui kemana kita harus bergerak, kemana kita kabur dan kemana kita harus mengejar musuh. Map dalam DOTA 2 terdiri dari 3 lane (jalur menuju base lawan) diantaranya ada hutang dan ditengah tengahnya melintang sebuah sungai yang panjang.   Untuk pemula dan yang sudah pro sekalipun harus belajar tentang mapping karena map DOTA 2 setiap update selalu berubah.

7. Leveling

Leveling adalah proses menaikan level. Level didalam game dota setiap heronya maksimal mencapai 25 level. Setiap level kita diberikan 1 tingkatan ability. Penempatan ability harus sesuai kebutuhan. Biasanya ada standar tetap dari para pro gamer untuk build skill, tetapi sebenarnya kita bebas saja mau build ability atau skill seperti apa.

8. Farming

Farming bukan berarti bertani, arti secara langsung memang bertani, tetapi di Dota 2 farming berarti mencari duit atau gold untuk membeli item. Hero yang sering farming biasanya memiliki role sebagai carry. Selama farming hero lainnya berusaha untuk bertahan, memberikan hero tersebut waktu untuk farming. Farming biasanya di hutan, kill creep hutan akan memberikan kamu gold. Ada juga beberapa hero support yang bisa farming seperti enigma dan chen

9. Fogging

Fogging atau Fog adalah kabut yang membatasi pandangan para hero. Jadi pada map kita tidak bisa melihat seluruh map secara sekaligus. Setiap hero memiliki jarang pandang berbeda beda. Ada item yang bisa menghilangkan fog atau memberikan ruang pandangan yaitu observe ward. dengan memanfaatkan Fog, kita bisa melarikan diri dari musuh karena musuh tidak bisa melihat hero kita, begitu juga sebaliknya. Pohon dan level tanah berpengaruh besar pada fog, wilayah yang terhalangi pohon tidak bisa dilihat, begitu juga dengan tanah yang levelnya lebih tinggi tidak telihat.

10. Warding

Seperti yang disebutkan diatas, Ward merupakan Sebuah item yang bisa memberikan pandangan sehingga kita bisa melihat wilayah yang dipasangi ward. Ada 2 tipe ward dalam dota yang pertama adalah observe  memberikan pandangan nyata sehingga kita bisa melihat wilayah atau area tertentu dan hero yang melintas wilayah tersebut dan yang kedua adalah Sentry Ward berfungsi untuk memberikan pandangan pada hero yang tidak terlihat atau invisible (tidak terlihat karena menggunakan skill atau item tertentu)

11. Jungle

Jungle dalam bahasa Indonesia adalah hutan. Dihutan terdapat banyak pepohonan dan ada camp creep hutan atau neutral creeps. Neutral Creeps bisa kita kill untuk farming (menghasilkan gold). Pepohonan dalam hutan bisa membantu dalam melarikan diri. Poho pohon tersebut bisa ditebang dengan menggunakan skill atau Item tertentu

12. Last Hit

Last hit adalah pukulan/tembakan terakhir untuk kill musuh baik itu creeps atau hero. Setiap last hit menghasilkan gold baik untuk creep maupun hero. khusus untuk hero setiap kill yang kita dapatkan akan dihitung dan gold yang didapat juga lebih besar daripada creep. Semakin hero lawan banyak kill hero, maka gold yang akan kita dapatkan ketika berhasil kill hero tersebut akan besar.

13. Timing

Segala hal yang ada pada DOTA 2 diatur berdasarkan waktu. hampir setiap skill active (skill yang harus diklik dalam penggunaannya) membutuhkan waktu jeda (cooldown) dalam setiap penggunaannya. Kita sebisa mungkin harus memperhitungkan waktu jeda tersebut. Selain itu kita harus mengerti waktu kapan harus menyerang, kapan harus menekan dan kapan harus bertahan.

 14. Ganking

Ganking merupakan sebuah strategi menyerang secara bersama sama secara tiba tiba. Dengan menggunakan teknik ini dengan baik dan kompak, kita bisa kill hero lawan dengan mudah. Tetapi kalau team kita tidak kompak, sulit sekali untuk melakukan ganking ini. Bukannya ngekill hero lawan malah kita yang mati. Pada awal awal Anda mencoba game DOTA 2 secara online ganking benar benar sulit dijalankan karena orang orang baru atau pemula tidak mengerti arti kekompakan dalam DOTA 2

15. Pushing

Pushing adalah proses menekan lawan dengan cara menyerang tower atau base mereka. Baik melalui lane atas, bawah ataupun tengah. Pushing bisa dilakukan oleh seluruh hero team atau hanya 1 hero saja sesuai dengan keadaan. Ada beberapa hero yang bisa melakukan pushing dengan cepat sendirian.

16. Team Work

Team work adalah kerja sama team. Dalam permainan DOTA 2 team work memiliki peran utama dalam memenangkan game. Team yang memiliki team work yang jelek sudah dipastikan akan kalah. Mulai dari pemilihan hero sampai team war semuanya harus dibagi bagi dengan baik. Bagi mereka yang sudah berpengalaman, akan menempatkan diri mereka sesuai dengan kebutuhan team. Bagi para pemula team work hanyalah keberuntungan. Tidak mempunyai anggota team yang ngawur saja sudah untung 😀

17. Back up

Permainan Dota 2 merupakan permainan yang memerlukan adanya sebuah kerja sama yang baik. Back up merupakan bagian dari strategi bertarung ala team. Secepat mungkin kita harus bisa membantu teman yang sedang diserang. Jangan sampai dia mati atau mati dengan sia sia.

18. Harassing

Harassing adalah teknik menekan lawan dengan cara menyerangnya secara terus menerus. Meskipun damage yang dihasikan hanya sedikit tetapi jika itu dilakukan secara terus menerus akan membuat lawan kesal dan akhirnya mundur. Kadang mereka terpaksa menggunakan item heal yang dibawanya

19. Control Rune

Control rune adalah sebuah teknik untuk mengontrol perolehan rune.Rune akan muncul setiap 2 menit sekali di sungai (posisinya sudah diketahui dan tetap muncul disitu). Sebisa mungkin kita harus mengambil rune tersebut agar tidak diambil oleh lawan.

20. Juking

Juking pada Game DOTA 2 adalah teknik menghindari kejaran lawan dengan memanfaatkan element dalam map. Biasanya yang sering digunakan adalah pohon, seperti yang kita ketahui dengan adanya sistem fogging, kita tidak bisa melihat apa yang ada dibalik pohon. Dengan menggerakan hero kita diantara pohon membuat pandangan lawan akan terbatas. Juking hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman dan skill mapping yang tinggi

Itulah 20 Istilah Dalam DOTA 2 yang Perlu diketahui oleh Pemula. Yang sudah berpengalaman pasti sudah tidak aneh lagi dengan istilah istilah tersebut. Semoga pengetahuan ini berguna bagi Anda yang baru saja belajar untuk memainkan game DOTA 2.

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini