Penjelasan Singkat tentang SonoMeter

Posted on

Penjelasan singkat tentang Sonometer. Sonometer adalah alat untuk menunjukkan hubungan antara frekuensi suara yang dihasilkan oleh dawai yang dipetik, dan tegangan, panjang dan massa per satuan panjang dari dawai. Hubungan ini biasanya disebut hukum Mersenne (Marin Mersenne; 1588-1648). Untuk amplitudo getaran kecil, frekuensi sebanding dengan:
a. akar kuadrat dari tegangan dawai,
b. kebalikan dari akar kuadrat dari massa jenis,
c. kebalikan dari panjang dawai.
Sonometer biasanya horisontal, seperti yang berada di Kenyon College, dan tegangan yang diberikan oleh massa yang tergantung di ujung kabel setelah melewati katrol. Sonometer vertikal berada di DePauw University. Perbedaan sonometer yang diciptakan oleh Produsen di Perancis, Marloye, ca. 1840. Sonometer ini memiliki dua dawai, yang dapat digunakan untuk menggambarkan getaran jika dua dawai hampir memiliki  frekuensi yang sama. Jika satu string memiliki dua frekuensi yang lain, oktaf dapat dibuktikan. Peralatan sonometer ini disimpan di Kenyon College Gambier, Ohio.

Salah satu Sonometer : Apparatus
Sonometer adalah

 

Sonometer pada awalnya berada di Denison University. Katalog koleksi peralatan di Denison mencatat bahwa itu dibuat oleh WN Clouse, dan di laboratorium pada bulan September 1885. Sekarang dalam koleksi Greenslade.

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini