Alasan kenapa kita harus menghindari debat di facebook

Debat merupakan kegiatan adu argumentasi tentang masalah tertentu. Biasanya debat dilaksanakan oleh sebuah badan tertentu dalam sengketa sebuah permasalahan. Pelaku debat bisa hanya perorangan atau antar kelompok. Selain itu, pelaku debat juga diharuskan seseorang yang memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang materi yang akan dipermasalahkan.

Indonesia sekarang lebih terbuka dalam masalah mengeluarkan berpendapat semenjak era reformasi. Perdebatan sekarang mudah terjadi karena setiap orang merasa bebas untuk mengeluarkan pendapatnya. Sebuah pendapat tidak selamanya disetujui olah setiap orang, pasti ada saja yang berbeda pendapat dan ini akan memicu perdebatan diantara mereka.

Tujuan utama diadakannya sebuah perdebatan adalah untuk melihat manakah yang lebih benar. Dengan argumentasi yang tepat dan fakta di lapangan nantinya akan menghasilkan kesimpulan manakah yang lebih benar diantara yang diperdebatkan. Yang kalah bisa saja tidak menerima kesimpulan tersebut tetapi masyarakat umum sudah mengetahui hasil debat tersebut. Selain itu, perdebatan juga bisa untuk menambah wawasan.

Jika para pembaca adalah pengguna aktif social media facebook pada saat ini, pastinya pernah suatu saat melihat perdebatan didalamnya. Baik itu di sebuah group, fan page bahkan di sebuah status orang . Masalah yang diperdebatkan sungguh beragam, mulai dari agama, bisnis, sosial dan yang terakhir banyak dilakukan adalah perdebatan tentang calon presiden.

Alasan kenapa kita harus menghindari debat di facebook

Alasan kenapa kita harus menghindari debat di facebook

sumber gambar 

Anda Harus Tahu   Kita Hanya Berbagi Peran

Sebaiknya Anda harus berpikir pikir kembali untuk terlibat dalam sebuah perdebatan di facebook. Apa manfaat yang kira kira Anda dapatkan ketika mengikuti perdebatan di facebook tersebut. Sebaliknya, banyak sekali kerugian yang akan kita terima ketika kita memasuki sebuah perdebatan. berikut ini Alasan kenapa kita harus menghindari debat di facebook :

1. Menghabiskan waktu

Berdebat di facebook sangat berbeda dengan debat secara langsung. Perbedaannya sangatlah jelas yakni berdebat secara langsung tidak perlu repot menulis kata kata untuk membalas argumentasi orang lain. Sedangkan di facebook, Anda harus mengetiknya kata demi kata. Dan itu membuat waktu Anda terbuang banyak. Selain itu, rata rata perdebatan di facebook tidak terlalu berpengaruh terhadap kehidupan Anda. Dari pada ikutan debat yang tidak perlu lebih baik mencari uang dan melakukan pekerjaan lainnya.

2. Tidak ada peraturan

Facebook adalah media social tempat dimana kita bersosialisasi dengan orang lain. Tentunya di facebook ini tidak ada aturan tentang debat. Semua orang yang melihat perdebatan tersebut bisa langsung ikut. Tanpa tahu bahwa mereka adalah orang yang mumpuni atau tidak dalam bidang yang sedang diperdebatkan.

Anda Harus Tahu   Berbagai macam cara yang ditempuh seseorang untuk mendapatkan pasangan

3. Tidak ada kesimpulan

Setelah puluhan argumentasi yang dikeluarkan, semua akan ditinggalkan begitu saja ketika tidak ada lagi orang yang membalas argumentasi terakhir. Kita tidak bisa menjudge bahwa orang yang mengeluarkan argumen terakhir menang karena bisa saja lawan debatnya offline. dan setelah kembali online sudah malas untuk melanjutkan debatnya.

4. Anda menghadapi pecundang

Seperti yang kita ketahui bawah lebih dari 50% pengguna facebook tidak menyertakan nama sebenarnya. Padahal salah satu penarik perhatian facebook dari friendster adalah para penggunanya menggunakan nama asli. Sekarang Anda bisa lihat seberapa kreatif orang orang di facebook menggunakan nama untuk akunnya :D. Kita tidak tahu siapa pengguna suatu akun sebenarnya. apakah dia mempunyai nama seperti itu atau wajahnya sesuai dengan photo profilnya. Oleh sebab itu, orang yang kita hadapi bisa saja adalah seorang pecundang yang tidak akan bertanggung jawab dengan argumen argumennya. Bisa saja mereka mengatakan hal ha yang seharusnya tidak disebutkan atau bahkan tidak nyambung dengan masalah yang sedang diperdebatkan.

Anda Harus Tahu   Tulisan Ustad Yusuf Mansur yang Menampar Ribuan Orang Tentang "Kiamat Sudah Dekat"

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya bahwa lebih baik kita mencari hal hal yang posistif dari pada menghabiskan waktu berdebat dengan orang yang tidak jelas asal usulnya. Tidak semua hal harus diperdebatkan dan tidak semua orang mau update statusnya menjadi bahan untuk diperdebatkan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Alasan kenapa kita harus menghindari debat di facebook ini semga bermanfaat untuk Anda.

Alasan kenapa kita harus menghindari debat di facebook

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)