Alasan Mengapa Kita tidak boleh langsung percaya berita dari situs berita Internet

Tukangteori.com – Setiap hari kita disuguhkan berita berita yang berbeda. Mulai dari kejahatan, politik, agama dan lain lain. Semua berita tersebut dengan mudah  bisa kita dapatkan melalui berbagai macam media salah satunya adalah situs berita di Internet. Tahukah Anda situs berita di Indonesia jumlahnya puluhan hingga ratusan ? Kita bisa melihatnya di social media setiap hari pasti ada saja orang yang share berita dari situs yang bebeda dengan yang biasa kita lihat.

Berita yang di share di social media dari situs berita kadang kadang memicu konflik antar pembaca. Situs berita kadang kadang mengangkat isu isu yang sensitif seperti politik dan agama. Sebagai pembaca yang cerdas sebaiknya kita bisa memilah berita mana yang layak dibaca atau tidak. Serta mempelajari terlebih dahulu apakah berita yang di sajikan benar adanya atau hanya karangan orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Kali ini Tukangteori.com akan membahas beberapa Alasan Mengapa Kita tidak boleh langsung percaya berita dari situs berita Internet. semoga dengan ini kita bisa menjadi pembaca yang lebih cerdas

Anda Harus Tahu   Modus Penipuan SMS minta Transfer Uang

1. Orang yang berkepentingan di balik media

penggiringan opini

Kita harus mengetahui bahwa banyak sekali orang yang memanfaatkan media berita untuk keuntungan sendiri  atau kelompok. Di dunia ini ada kelompok kelompok egois yang ingin mengatur pola pikir masyarakat melalui berita berita yang disajikan setiap harinya. Pemikiran masyarakat digiring kesuatu sudut tertentu untuk menunjang kepentingan mereka. Adu domba, Fitnah dan lain sebagainya akan mereka lakukan untuk memenuhi apa yang mereka inginkan. Jangan sampai dengan mudah kita terbawa arus pemikiran berita yang belum jelas kebenarannya.

2. Penyaji berita kurang kompeten

stupid journalist

Tahukah Anda banyak sekali situs yang dikelola oleh anak sekolahan yang belum mengerti tentang jurnalistik atau pemberitaan, Bagaimana sebuah berita harus disajikan dan kepada siapa berita ditujukan. Banyak dari mereka hanya siswa sekolah yang baru mengerti tentang make money online. Tidak sedikit dari mereka yang nekat menulis berita untuk mendapatkan pundi pundi dollar dari hasil membangun situs berita padahal mereka belum kompeten dengan itu.

Anda Harus Tahu   Kenapa Serial Drama India mudah diterima masyarakat Indonesia

3. Traffic is Everything

traffic is money

Penghasilan utama dari situs berita adalah traffic atau dengan kata lain adalah pengunjung. Semakin banyak pengunjung maka harga iklan yang ada di situsnya akan beranjak naik dan tentunya juga jumlah klik iklannya menjadi bertambah. Kadang kadang beberapa situs berita mengangkan isu isu yang sensitif seperti agama, politik dan lain lain yang bertujuan untuk mendongkrak pengunjung ke situs mereka. Sebenarnya perbuatan ini sangat keji karena bisa dengan mudah mengadu domba para pembaca tapi mereka tidak perduli dengan itu, yang penting Traffic traffic dan traffic, because traffic is everything.

4. Kopas nggak jelas

Alasan Mengapa Kita tidak boleh langsung percaya berita dari situs berita Internet

Sempat kemarin berita yang ramai mengenai Mole man atau manusia mole. Banyak sekali situs berita Indonesia yang memberikan bahwa Mole man ini adalah makhluk seperti monster yang hidup dibawah tanah. padahal sebenarnya mole man adalah orang orang tuna wisma yang hidup di subway atau stasiun bawah tanah yang sudah tidak terpakai. Jumlah mereka banyak dan sering terjadi pertikaian dengan polisi setempat. Situs berita Indonesia menyalin berita tersebut dari situs Amerika secara mentah dan hasilnya adalah terlihat kebodohan dari para penyaji berita di situs situs berita tersebut.

Anda Harus Tahu   Modus Kejahatan Hipnotis Awalnya Minta Tolong dan Cara Menghindarinya

4 hal diatas sudah menjadi alasan kuat kita tidak boleh langsung percaya berita dari situs berita Internet. Untuk memastikan berita yang kita baca benar atau tidak sebaiknya kita membuka situs situs berita lainnya sebagai pembanding. Buka 4 sampai 8 situs berita sebelum menyimpulkan bahwa  berita itu valid atau tidak. Jangan sampai kita seenaknya membaginya di social media. Karena jika berita itu adalah sebuah fitnah maka kita menyebar luaskan fitnah tersebut. Maka berhati hatilah ! Alasan Mengapa Kita tidak boleh langsung percaya berita dari situs berita Internet

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)