Berhati Hatilah jika Tiba Tiba Kunci Remote Mobil Tidak Bisa digunakan

Beberapa waktu kemarin saya sempat melihat sebuah postingan di salah satu group Facebook mengenai radio dan komunikasi. Disana ada postingan terbaru tentang sebuah modus kejahatan dengan menggunakan frekuensi radio. Jenis kejahatan seperti ini sudah bisa dibilang berteknologi tinggi karena para penjahat sudah bisa menggunakan peralatan canggih untuk menghasilkan signal dan gelombang frekuensi.


kejahatan pencurian mobil terbaru

Seperti kita ketahui bahwa remote untuk mengunci mobil menggunakan media gelombang frekuensi. ketika kita menekan tombol yang ada di remote, informasi dikirimkan melalui gelombang dengan frekuensi tertentu. Jika informasi tadi tidak sampai pada penerima signal yang ada di mobil maka tombol tidak akan berfungsi seperti seharusnya.

Para penjahat melihat celah disini, mereka menggunakan teknologi agar informasi yang dikirimkan oleh remote mobil tidak sampai kepada penerima mobil. sehingga mobil tidak bisa terkunci. Pada kondisi ini dengan terpaksa pemilik mobil menggunakan kunci manual. Kunci manual pada mobil biasanya lebih mudah dibongkar dengan menggunakan kunci T. Sehingga dengan leluasa para penjahat ini mengambil barang barang berharga yang ada didalam mobil bahkan bisa mengambil mobilnya langsung. Kejadian ini benar benar pernah terjadi seperti yang diceritakan di group facebook tadi.

Anda Harus Tahu   Fitnah Pengedar atau Pemakai Narkoba oleh Oknum Polisi

Cara penjahat untuk menahan informasi sampai ke penerima radio di mobil adalah dengan menggunakan “signal jammer“. Tekniknya adalah menghasilkan gelombang dengan frekuensi yang sama dengan yang digunakan oleh remote mobil. karena signal yang dikirimkan mempunyai frekuensi yang sama maka informasi yang diterima oleh penerima pada mobil bukan berasal dari remote melainkan kosong atau dari signal jammer tadi. Dengan kata lain informasi / signal dari remote mobil terhalang /  diblock oleh signal yang dihasilkan oleh signal jammer.

kunci mobil remote

Ketika Anda mengalami Tiba Tiba Kunci Remote Mobil Tidak Bisa digunakan, Jangan lantas berpikir bahwa remote rusak. Hal seperti ini biasanya terjadi ditempat tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan atau festifal. Jangan mengunci mobil dengan cara manual karena itu adalah apa yang penjahat inginkan. Coba untuk mencari tempat parkir lainnya. Karena signal jammer mempunyai radius tertentu sehingga pada jarak yang cukup jaul signalnya sudah tidak bisa memblok signal dari remote.

Sedikit informasi tambahan, signal yang terpancar dari remote bisa juga tidak sampai kepada penerima karena interference dengan signal dari radio FM karena frekuensi yang digunakan oleh remote antara 200,300 dan 400 MHz. Sedangkan frekuensi radio FM adalah sekitar 100Mhz. Interference yang terjadi terkait dengan hukum frekuensi harmonik dimana gangguan interferensi dari suatu pancaran transmisi lain yang frekuensinya sama maupun harmoniknya (kelipatan).

Anda Harus Tahu   Modus pencurian kejam dengan cara memasang senar layangan

Mungkin sekian saja info modus dari Tukangteori.com tentang Berhati Hatilah jika Tiba Tiba Kunci Remote Mobil Tidak Bisa digunakan. Semoga bermanfaat bagi Anda, keluarga dan teman teman Anda. Bagikan Informasi ini kepada rekan atau keluarga agar terhindar dari pencurian mobil dan barang barang berharga yang ada dalam mobil.

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)