Cara Gampang Menjelaskan Pekerjaanmu Kepada Orang Tua

Posted on

Cara Gampang Menjelaskan Pekerjaanmu Kepada Orang Tua. Judul artikelnya memang agak rancu tetapi semoga pembaca tidak salah faham dengan maksud isi artikelnya. Oleh sebab itu, dimohon untuk membaca sampai tuntas. Pernahkah teman teman pembaca yang sudah bekerja ditanya apa pekerjaan yang dijalani di perusahaan ? Saya sendiri sering mengalami hal ini.

cara menjelaskan pekerjaanmu kepada orang tuailustrasi obrolan dengan orang tua

Sebagai Engineer yang mengurusi pekerjaan yang tidak umum dimasyarakat, Saya harus bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Agar sang penanya bisa mengerti jawaban yang kita keluarkan. Minimal mereka bisa mengira ngira pekerjaannya seperti apa. Kata “orang tua” pada judul dimaksudkan bukan hanya orang tua kita sendiri melainkan orang tua lainnya juga. Terutama yang jauh dari bidang yang sedang kita kerjakan.

Tukangteori.com akan membagikan trik untuk menjawab pertanyaan seperti itu. langsung saja berikut ini adalah Cara Gampang Menjelaskan Pekerjaanmu Kepada Orang Tua atau orang lain yang sekiranya tidak akan faham :

 

1. Mengukur pengetahuan dari sang penanya

Jika yang bertanya adalah orang yang kita kenal, kita bisa dengan mudah memperkirakan pengetahuannya. Misalkan orang tua sendiri, tetangga, teman dekat, aman, bibi dan family lainnya. Ini menjaga agar apa yang kita bicarakan tidak terlalu membuat mereka bingung.

2. Cari perusahaan yang related dengan pekerjaan

Mungkin saja perusahaan tempat kita bekerja tidak terlalu terkenal. Itu sebabnya seseorang bertanya, misalkan Anda bekerja di huawei sebagai integrator newsite. orang tidak akan tahu apa itu huawei, mereka mungkin berpikir kamu tuakng jualan modem :D. Cari perusahaan terkenal yang related seperti telkomsel, XL atau Indosat. contoh penjelasannya “Pekerjaan saya memasang alat alat dibawah tower tower seperti itu (sambil nunjuk tower)”

3. Pakai bahasa yang mudah dimengerti

pakailah bahasa yang mudah dimengerti. Jangan memakai istilah yang asing atau tidak umum didengar. Istilah “cabe cabean” mungkin umum terdengar, tetapi masa Anda kerjanya jadi cabe cabean :D. Misalkan kata “installer” diganti dengan “tukang memasang”, “integrator” ganti dengan kata ” orang yang mengatur kinerja” dan lain lain. Cari kata kata yang benar benar mudah difahami.

Cara Gampang Menjelaskan Pekerjaanmu Kepada Orang Tua atau orang lain yang sekiranya tidak mengerti ini cukup ampuh. Minimal kita membuat mereka bisa mengira ngira pekerjaan kita apa. Jangan berpikir mereka mengganggu dengan pertanyaan tersebut. Mungkin mereka care atau mereka ingin tahu apa yang dikerjakan orang lain. Atau bisa juga anaknya mau dijodohkan dengan Anda 😀

Semoga informasinya bermanfaat jangan lupa untuk share, like, twit atau G+ artikel tentang Cara Gampang Menjelaskan Pekerjaanmu Kepada Orang Tua, agar orang lain juga mengetahui tentang informasi ini, Terima Kasih

Kasih masukanmu di sini