Cara Membuat Kalender Menggunakan Excel

Cara Membuat Kalender Menggunakan Excel | Kalender adalah sebuah sistem yang berguna untuk memberi nama pada sebuah satuan periode waktu seperti hari dan bulan. Penentuan waktu pada kalender bsia berdasarkan waktu peredaran Matahari atau bulan. Di Indonesia yang paling terkenal adalah Kalender Masehi dan Hijriyah.

Untuk pembuatan kalender itu sendiri sekarang dipermudah dengan adanya software atau aplikasi yaitu Microsoft Excel. Selain aplikasi ini banyak juga aplikasi lain yang bisa membuat kalender. Karena kebanyakan dari komputer sudah menginstal micrososft Office apa salahnya kita menggunakan salah satu aplikasinya yaitu Excel agar tidak perlu repot instal aplikasi lain.

cara membuat kalender menggunakan Excel

Pembuatan Kalender Di Excel terbagi menjadi 2 cara. Cara Membuat kalender yang pertama adalah menggunakan template yang sudah ada. Sedangkan yang kedua adalah dengan cara manual memasukan fungsi fungsi waktu. Pada Artikel ini akan menjelaskan cara pembuatan Kalender dengan menggunakan Template.

Cara Membuat Kalender di Excel Menggunakan Template

Membuat Kalender dengan menggunakan Template sangatlah mudah. Kita tidak perlu repot memasukan Fungsi fungsi waktu secara manual. Penggunaan template ini bisa dilakukan pada microsoft 2007 keatas. pada kesempatan kali ini kami akan menggunakan microsoft Excel 2010. Berikut ini langkah langkah pembuatan kalender dengan Template :

  1. Buka workbook seperti biasa

2. Klik “File” kemudian “New”

3. Ketikan kata “Calendar” pada Kolom pencarian seperti gambar berikut :

Langkah langkah membuat kalender

(komputer anda harus terkoneksi dengan internet untuk mendownload template. Anda juga bisa mendownloadnya langsung di situs Microsoft)

4. Anda bisa memilih jenis kalendar yang di inginkan, pada contoh kali ini kami akan memilih “Small Bussiness Calendar (any Year, Sun – Sat)” Jenis kalender ini bagus sekali untuk menampilkan kalender perbulan. Bisa di cetak kemudian di simpan ditempat meja kerja.

Tutorial membuat kalender

5. Cara mengeditnya cukup mudah kita tinggal memilih tahun yang di inginkan

Kalender Excel terbaru

6. kemudian ganti gambar yang ada di dalamnya. Bisa diganti dengan logo perusahaan dengan cara klik kanan dan pilih gambar, jangan lupa untuk sesuaikan ukuran gambarnya.

Membuat kalender dengan template

7. Kita bisa menandai hari hari tertentu seperti hari libur nasional, Gathering, ulang tahun dan lain lain.

Membuat kalender di excel

8. Kita bisa langsung mencetak Kalender jenis ini karena ukurannya sudah disesuaikan

Pembuatan kalender ini sangat mudah jika dibandingkan dengan pembuatan kalender secara manual. Membutuhkan waktu yang relatif lama. Kelemahannya adalah kita harus mempunyai koneksi internet karena harus mendownload templatenya. Bagi Aplikasi Office bajakan bisa saja tidak bisa mendownload templatenya ๐Ÿ˜€

Sekian tutorial cara membuat kalender dengan menggunakan Microsoft Excel. semoga bermanfaat jangan lupa untuk bantu kami dengan cara share facebook atau twitter agar tutorial yang berguna ini sampai juga kepada orang lain ๐Ÿ™‚ .ย Cara Membuat Kalender Menggunakan Excel

Kasih masukanmu di sini