Cara Membuat Laporan Keuangan Keluarga Dengan Microsoft Excel

Posted on

Cara Membuat Laporan Keuangan Keluarga Dengan Microsoft Excel. Membuat Rincian pengeluaran dan pemasukan dalam keuangan keluarga sangat lah penting. Dengan rincian tersebut kita bisa mengetahui keadaan keuangan keluarga. Apakah lebih banyak pemasukan ataukah malah sebaliknya, pengeluaran yang setiap bulannya membengkak.

Dengan menggunakan Microsoft Excel kita bisa dengan mudah membuat laporan keuangan. Kenapa kita tidak coba untuk membuat laporan keuangan keluarga sendiri. Rumus yang digunakan juga tidak terlalu rumit, yang perlu kita ketahui adalah poin poin yang harus dimasukan dalam rincian keuangan.

Laporan Keuangan Keluarga

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah laporan keuangan keluarga.

1. Pemasukan Seluruh keluarga

Pemasukan seluruh keluarga adalah Penghasilan yang didapat oleh keluarga baik dari gaji bulanan atau pun dari usaha lain. Kebanyakan dari kita mendapatkan penghasilan dari kerja Suami dan Istri atau dari penghasilan suami saja. Jika sudah besar, Anak bisa membantu untuk meringkan kan beban keluarga dan dimasukan dalam list pemasukan

2. Pengeluaran Seluruh Keluarga

Pengeluaran Seluruh keluarga adalah pengeluaran yang dilakukan seluruh anggota keluarga yang berasal dari pemasukan. Pengeluaran tersebut di hitung atau dicatat jika mengambil dari penghasilan. Ketika sang anak mempunyai penghasilan sendiri dan mengeluarkan uang sendiri, maka hal tersebut tidak dihitung dengan catatan sang anak masih tinggal dengan orang tua. Kalau sudah tidak tinggal tidak perlu dicatan lagi dalam semua rincian 🙂

3. Kebutuhan berdasarkan Waktu

Keluarga pasti memiliki kebutuhan yang bersifat harian contohnya seperti ongkos pergi ke tempat kerja atau sekolah. Begitu juga dengan kebutuhan bulanan seperti belanja peralatan dapur dan lainnya. Selain itu harus diperhatikan juga kebutuhan atau pengeluaran diwaktu waktu yang tidak terduga. Contohnya bila terjadi kerusakan pada perabot rumah tangga atau anggota keluarga ada yang sakit dan harus berobat.

Untuk praktek pembuatan laporan Keuangan Keluarga dengan menggunakan Microsoft Excel, silahkan simak Video Berikut ini

Dengan waktu kurang lebih 30 menit, para pembaca sudah bisa membuat sebuah laporan keuangan keluarga sederhana dengan menggunakan software yang bisa kita temukan sehari hari. Kita harus benar benar rajin utnuk mengisi laporan ini agar bisa dengan mudah menganalisis keuangan keluarga. Jika suatu hari kita mendapatkan keadaan keuangan keluarga anjlok, kita sudah tidak kaget lagi. Karena semua pengeluaran tertera dalam laporan. Begitu juga sebaliknya ketika keuangan keluarga menjadi lebih baik.

Kasih masukanmu di sini