Cara Membuat Menu Pada WordPress Paling lengkap

Cara Membuat Menu Pada WordPress. Menu pada blog yang menggunakan cms wordpress merupakan sederetan kata yang mempunyai link ke halaman kumpulan posting dengan kategori tertentu. Menu ini memudahkan pengunjung untuk mencari artikel yang ada di sebuah blog. Dengan kata lain menu menjadi alat navigasi pengunjung dalam mencari artikel yang dibutuhkan.

Pembuatan Menu pada wordpress sangatlah mudah. Kita tidak perlu menginstall plugin atau memasukan kode kode seperti halnya di blogspot. Halaman link menu bisa menuju halaman diluar blog, satu halaman tertentu di blog tersebut atau kategori yang ada. Kebanyakan menu utama di isi oleh kategori dan menu navigasi yang biasanya berada di paling atas halaman di isi oleh page page tertentu.

Menu yang biasa kita jumpai adalah menu horizontal. Di beberapa pilihan menu sering ada sub menu dengan model dropdown. ketika kita mengklik atau hover ke menu tertentu maka sub menu itu akan muncul.

 Cara Membuat Menu pada WordPress Paling Lengkap

Membuat menu Home (utama)

1. Masuk ke Dashboard WordPress

2. Pilih Menu Apperance >> Menus

3. Pada Kolom Menu Name isi nama menu yang di inginkan. Isi saja dengan “Menu1” Sebagai latihan

4. Klik tombol “Create Menu” Disebelah kanan

5. Kini Anda mempunyai sebuah menu di wordpress tampilannya  seperti gamabr dibawah ini

Anda Harus Tahu   Cara Membuka File Microsoft Word yang Terkunci Tanpa Koding

Membuat Menu wordpress

 

Menambah pilihan di menu wordpress

1. Buka Menu yang sebelumnya telah kita buat

2. Terlihat pada gamabr diatas terdapat 2 kolom, kolom kanan dan kolom kiri yang lebih kecil lebarnya.

3. Pada kolom sebelah kiri, pilih tab jenis halaman yang akan ditambahkan bisa berupa Page, Links atau Categories. sesuai Tujuan. Pada contoh kali ini kita akan menambahkan page yang berjudul “page tambahan”

4. Centang page tambahan kemudian klik tombol “Add menu”


menambah pilihan menu wordpress

5. Pada Kolom kanan akan muncul menu “Page Tambahan”, Jangan lupa untuk menekan tombol “Save Menu”

menambah menu

Proses ini juga sering disebut cara membuat link menu pada wordpress. Karena beberapa orang yang belum tahu tentang istilah istilah di wordpress akan menyebutkan hal paling mudah yaitu membuat link. Jika Anda adalah salah satunya setelah ini harus mengetahui istilah menambahkan pilihan pada menu ya 😀

Mengedit Menu yang sudah ada di wordpress

1. Pada kolom sebelah kanan sudah ada kumpulan dari menu yang sudah dibuat. Perhatikan ada tanda panah kecil disebelah kanan setiap pilihan menu misalkan menu “Page Tambahan”. Klik Tanda panah tersebut

Mengedit menu home

2. Edit Menu yang ada sesuai selera. Berikut ini adalah keterangan dari pilihan pilihan yang ada di menu edit tersebut :

Anda Harus Tahu   Mencari nilai terbesar ke X

Navigation label : Label yang akan muncul di menu untuk pilihan page itu

Title attribut : label yang akan muncul di browser sebagai judul page

Move : Move up pilihan pindah ke lebih atas pada tampilan menu menjadi kesebelah kiri. Under about pilihan menjadi diwabah pilihan About dan To the Top pilihan ini akan menjadi paling atas pada tampilan blognya akan ada di posisi paling kiri menu ( Sebagai catatan kita bisa memindahkan posisi menu dengan cara di drag ke atas taua kebawah sesuai keinginan )

Original : halaman tujuan

Remove untuk menghapus pilihan ini dan cancel untuk membatalkan pengeditan

Mengatur posisi menu pada wordpress

1. Pada Menu wordpress.com tidak ada navigasi menu di wordpressnya sehingga hanya ada menu utama atau dalam bahasa inggris primary menu. Kita tinggal centang saja pilihan primary menu yang ada di bagian bawah kolom sebelah kanan.

2. Jika Anda menggunakan theme wordpress yang memiliki menu navigasi atai footer menu. Anda bisa msuk ke halaman Manage locations. Kemudian pilih menu1 yang telah dibuat sebelumnya apakah akan menjadi primary menu, Navigation menu atau Footer menu. Pada contoh kali ini kami hanya menampilkan piliha primary menu

mengatur posisi menu

 

Membuat menu Drop Down Pada WordPress

1. Pada Menu yang telah kita buat sebelumnya. Kita akan membuat menu drop down pilihan “Page Tambahan” akan menjadi sub menu dari pilihan “About”

Anda Harus Tahu   Cara Mempercepat Loading Website Wordpress

2. Klik tanda panah yang ada di sebelah kanan pilihan ” page tambahan” kemudian klik Under About . Nanti posisi kotaknya akan sedikit bergeser ke sebelah kanan. Itu artinya Page tambahan sudah menajdi sub menu nya pilihan About. Jangan lupa untuk save menu

Kita juga bisa membuat sebuah pilihan menjadi sub menu dari pilihan yang lain dengan cara drag an drop. ketika kita mendrag akan muncul bayangan kotak dibawah pilihan tertentu yang posisinya bergeser sedikit kesebelah kanan alias tidak lurus dengan menu atasnya.

Membuat Sub menu pada wordpress

Berikut ini adalah tampilan hasil pengerjaan dari semua tutorial tentang menu diatas

Hasil pembuatan menu wordpress

Buatlah menu secantik dan menarik mungkin. Jangan lupa untuk memperhatikan aspek kemudahan dalam menemukan artikel yang di inginkan oleh para pemngunjung. Dengan mudahnya pencarian postingan mereka akan betah berlama lama dan tidak kapok ketika mengunjungi blog kita.

Semoga tutorial cara membuat menu pada wordpress paling lengkap ini bermanfaat untuk para blogger. Khususnya blogger yang mengguanakan CMS WordPress. Semangat Terus untuk membangun blog yang menarik dan berkualitas.  – Artikel Cara Membuat Menu Pada WordPress Paling lengkap

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)