Cara Memilih Buah Mangga yang Matang dan Manis

Memilih Buah mangga yang Matang dan Manis adalah sebuah keharusan, jika kita ingin merasakan nikmatnya buah mangga yang lezat dan mendapatkan manfaatnya yang berlimpah. Buah mangga merupakan salah satu jenis buah buahan yang mudah didapat di Indonesia. Banyak sekali orang orang yang menanamnya, mulai dari yang sengaja membudidayakannya di perkebunan hingga masyarakat biasa yang menanamnya di halaman rumah.

Kadang kadang kita tidak perlu merawat tanaman buah mangga agar mereka berbuah. Tiba tiba banyak bunga berserakan di halaman dan tidak lama kemudian muncul tunas tunas buah hijau. Tetapi memang kualitasnya berbeda dengan yang sengaja dibudidayakan. Mungkin perawatan khusus dan pemberian pupuk yang baik akan meningkatkan kualitas dari buah mangga.
cara memilih buah mangga

Manggo by diversatechfertilizer.com

ASAL USUL BUAH MANGGA

Nama buah mangga berasal dari Bahasa Malayalam yaitu maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga dan pendapat lain menyebutkan, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”. Buah ini Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang kurangnya semenjak 1500 tahun yang lalu. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh.

MANFAAT BUAH MANGGA BAGI KESEHATAN

Setiap buah buahan memiliki manfaat dan kandungan zat zat tersendiri. Buah Mangga terkenal mengandung vitamin C, A, B6, serat, tembaga, kalium serta magnesium. Maka, tak salah jika buah ini menjadi salah satu buah yang berperan penting dalam pemenuhan nutrisi bagi tubuh semua orang. berikut ini adalah beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh :

1. Buah Mangga sebagai Penangkal Aneka Jenis Kanker

Anda Harus Tahu   Tips Cara Memilih Minyak Zaitun yang Bagus

Kanker menjadi salah satu momok menakutkan bagi umat manusia. Mengkonsumsi buah mangga dapat membantu tubuh kita dalam menangkal berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, payudara serta kanker prostat. Karena buah mangga mengandung senyawa penting yaitu quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methilgallat.

2. Buah mangga dapat menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Membiarkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh terus meningkat, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Solusinya adalah bisa dengan menyediakan buah mangga di daftar menu makanan anda bisa harian atau mingguan. Kandungan serat yang cukup tinggi, pectin serta vitamin C pada buah mangga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Kandungan dalam Buah mangga dapat Menutrisi Organ Mata

Kandungan vitamin A yang cukup melimpah dalam mangga sangat baik untuk indera penglihatan anda. Memiliki penglihatan yang lebih baik dan super jelas tentu impian semua orang termasuk anda. Oleh karena itu, jangan samapi terlewatkan untuk mengkonsumsi buah mangga.

4. Buah mangga dapat Melindungi Organ Pencernaan

Mangga merupakan salah buah yang kaya akan serat alami. Serat alami inilah yang mampu melindungi dan menyehatkan organ-organ pencernaan seseorang.

5. Buah mangga dapat meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Perubahan musim serta cuaca yang tidak menentu menyebabkan tubuh rentan terhadap serangan penyakit. Kandungan vitamin C, A serta 25 jenis karotenoid menjadikan mangga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Manusia.

6. Buah mangga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Ingin kulit tetap sehat ? konsumsilah buah mangga. Dengan mengkonsumsi buah mangga, maka berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori kulit akan hilang serta membantu menghilangkan masalah kulit seperti jerawat.

7. Buah Mangga membantu dalam penurunan berat badan

Dengan mulai mengkonsumsi mangga yang kaya akan vitamin dan nutrisi akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dari biasanaya. Sehingga dapat membantuk menurunkan nafsu makan berlebih anda. Untuk diet yang agak ekstrim, mangga bisa dijadikan pengganti makan untuk satu kali sesi makan bisa pagi, siang atau malam.

Anda Harus Tahu   Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus

CARA MEMILIH BUAH MANGGA YANG MATANG DAN MANIS

Buah mangga yang paling enak dikonsumsi adalah buah yang sudah matang dan rasanya manis. Buah yang belum matang biasanya berasa masam, tidak ada rasanya bahkan pahit jika kita salah memilih mangga yang masih muda. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih buah mangga. Berikut ini merupakan cara memilih buah mangga yang matang dan manis :

1. Perhatikan warna dari buah mangga

Jenis warna seperti hijau, orange dan kuning tidak menentukan bahwa mangga tersebut matang dan manis. Beberapa jenis mangga ada yang matang dengan warna hijau, orange atau kuning. Seperti halnya buah harum manis yang warnanya hijau dan ada kuningnya di bagian pangkal, buah mangga kweni yang kuning ada juga mangga kemang yang ke merah merahan. Sebaiknya jangan terlalu bersandar terhadap warna. Butuh pengalaman banyak dan ketelitian yang ekstra jika ingin memilih mangga berdasarkan warnanya.

Jenis Jenis buah Mangga

2. Tekan atau pijit buah mangga

Pilihlah buah buah mangga yang lembut ketika di tekan. Jangan memilih buah yang keras karena itu sudah pasti masih muda atau belum matang. Jangan pula memilih buah mangga yang terlalu lembek karena bisa saja buah tersebut sudah mulai membusuk.

3. Jangan memilih buah yang memiliki memar

Sistem pengepakan dan pengiriman buah mangga kadang kadang dilakukan secara ngawur. Banyak buah buahan memiliki memar gara gara sering dilempar pada saat proses pengiriman. Perlu diketahui pada saat dipetik, buah mangga belum terlalu empuk (masih agak keras tetapi sudah tua atau sudah saatnya panen) petani biasanya memperhitungkan tingkat kematangan dengan jarak tempuh dan lamanya waktu pada saat pengiriman. Diharapkan pada saat sampai di pasar atau super market buah itu sudah benar benar matang.

Anda Harus Tahu   Manfaat Minum Air putih secara teratur untuk kesehatan

4. Menghirup aroma buah mangga

Dengan menghirup aroma di sekitar buah mangga kita dapat menentukan bahwa mangga tersebut sudah matang atau belum. Aroma segar dan manis menggambarkan isi dari buah mangga tersebut. Ini merupakan cara termudah menentukan apakah buah mangga matang dan manis.

5. Jangan memilih mangga yang kulitnya telah mengkerut

Mangga yang memiliki kulit yang mengkerut biasanya pada saat dipetik mangga tersebut masih muda. Mangga yang belum layak petik kemudian disimpan (pengkarbitan) agar matang, bisa disebut dipaksa untuk matang akan memiliki kulit yang mengkerut. Meskipunrasanya tetap manis tetapi tidak seperti mangga yang dipetik pada saat matang atau sudah tua.

6. Ciri Buah mangga yang matang di pohon

Untuk ciri yang ke 6 khusus untuk mengetahui mangga yang matang di pohon. Mangga yang matang di pohon biasanya terdapat lapisan lilin buah pada kulitnya, bentuk buah sudah padat penuh terutama pada bagian ujung, buah akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air, tangkai buah kering, tercium aroma harum dan manisnya mangga. Mangga yang matang di pohon rasanya lebih segar jika dibandingkan dengan yang sudah ada di pasar atau supermarket.

buah mangga matang di pohon

history of Manggo by timenepal.com

Jangan sampai lupa untuk mempraktekan cara memilih buah mangga yang matang dan manis ini ketika anda membeli buah mangga. Pilih lah  mangga terbaik untuk mendapatkan manfaatnya. Pengolahan buah mangga bisa dimakan secara langsung, di buat jus atau menjadi bahan makanan pelengkap lainnya.

 

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)