Cara Memilih Buah Naga yang Bagus

Buah Naga adalah salah satu buah yang istimewa. Selain rasanya yang begitu enak dan segar, Buah ini memiliki efek atau manfaat yang bagus terhadap tubuh kita. Buah Naga juga termasuk buah yang sering direkomendasikan oleh pakar kesehatan dalam memelihara daya tahan tubuh dan metabolisme. Terdapat 2 jenis buah naga berdasarkan warna dagingnya. yaitu warna putih dan warna merah.

ASAL USUL BUAH NAGA

tanaman buah naga

Sebelum membahas tentang cara memilih buah naga yang bagus, alangkah baiknya kita mengetahui asal usuk dari buah naga. Buah ini berasal dari negara di benua Amerika yaitu Meksiko, Tanamannya berupa sejenis kaktus yang bunga mekar hanya pada malam hari. Tanaman buah naga di bawa oleh orang Prancis sekitar tahun 1870 dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias.

Asal usul nama buah naga berasal dari kegunaan buah ini pada awal kedatangannya. Bunga yang mekar dan menghasilkan buah biasanya selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar karena buah ini dianggap berkah oleh orang Vietnam keturunan China. Warna daging buah naga merah yang mencolok membuat orang yang melihatnya kagum. Semenjak itulah buah ini disebut  dengan Thong Loy (Buah Naga).

Anda Harus Tahu   Sudah benarkah kita mencuci tangan ?

MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN

Hampir semua jenis buah buahan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sebisa mungkin kita dalam satu atau dua hari mengkonsumsi satu buah buahan. Bisa mangga, jambu , apel atau yang sedang kita bahas kali ini yaitu Buah Naga. Banyak sekali manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah daftar efek positif dari mengkonsumsi buah Naga secara rutin :

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  • Membantu dalam proses diet
  • Melancarkan aliran darah
  • Mencegah diabetes
  • Mengurangi tekanan tinggi / penyakit jantung
  • Mencegah peradangan
  • Bagus untuk Tulang, Gigi dan Darah
  • Meningkatkan stamina
  • Mempertahankan kekencangan kulit
  • Untuk buah naga yang berwarna merah bisa juga digunakan untuk pewarna makanan alami

CARA MEMILIH BUAH NAGA YANG BAGUS

Untuk menghasilkan khasiat dan manfaat yang baik bagi tubuh, sebaiknya kita mengkonsumsi buah naga yang bermutu tinggi. Memilih buah naga yang bagus dan manis susah susah gampang. Butuh beberapa kali pengalaman agar kita mahir menemukan buah naga yang kita inginkan. Berikut ini kami merangkum beberapa cara untuk memilih buah naga yang bagus dan manis :

Cara Memilih Buah Naga

1. Periksa kulit luarnya

Anda Harus Tahu   Mengetahui Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

Buah naga memiliki kulit warna pink yang cerah dan mulus. Sebaiknya kita tidak memilih buah naga yang terdapat noda-noda kotor, memar, terdapat lubang lubang kecil atau bekas sayatan pisau pada kulitnya. Carilah buah naga yang warnanya merata.

2. Sentuh batang buah

Batang yang bertekstur empuk menunjukkan bahwa buah naga tersebut sudah matang. Itu menandakan bahwa buah naga memang seharusnya sudah dipanen. Jika tidak, buah ini akan jatuh ke tanah dan menghasilkan tunas di kemudian hari.

3. Periksa juga daun atau kelopak yang menutupi kulit buah naga.

Mereka pun harus berwarna cerah tanpa ada warna kecoklatan pada ujung-ujungnya. Tanda kecoklatan bisa berarti buah naga tidak tumbuh dengan baik atau sudah terlalu lama dalam ruang penyimpanan

4. Tekan sedikit pada kulit buah naga

Buah naga yang sudah matang juga bisa diukur dari kekenyalan dagingnya. Tekan jari ke dalam kulit buah naga, jika terlampau keras berarti buah itu belum matang. Ini seperti halnya kita memeriksa buah alpukat atau mangga.

Anda Harus Tahu   Tips Sehat Memasak Mie Instan di rumah

5. Cium aroma dari buah naga

Cium bagian luar kulit buah naga. Jika Anda mencium aroma tropis yang ringan artinya daging di dalam kulit buah naga itu telah matang dan manis. Biasanya memiliki sensasi segar.

Kelima tips memilih buah naga ini cukup efektif untuk mengetahui bahwa buah naga yang kita pilih bermutu bagus dan manis atau tidak. Selain asal usul, manfaat dan cara memilih, buah ini memiliki satu hal yang unik lainnya yaitu olahan nya. Olahan dari buah naga ini bermacam macam, ada yang dimakan langsung, dijadikan sirup, jus, agar agar dan bahkan ada yang dibuat menjadi kerikpik.

Buah ini benar benar istimewa, rasanya yang manis dan segar dan manfaatnya yang begitu melimpah membuat kita benar benar menikmati karunia Tuhan yang satu ini. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus memilih buah naga yang memiliki kualitas bagus. Semoga tips cara memilih buah naga yang bagus dari kami ini membantu Anda.

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)