Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Kuliah merupakan jenjang pendidikan resmi yang paling tinggi. Bagi sebagian orang kuliah menentukan mau jadi apa kita nantinya. Perguruan tinggi memiliki berbagai macam jurusan. Setiap lulusannya siap untuk terjun didunia kerja yang sesuai dengan bidang jurusannya tersebut. Jika seseorang kuliah jurusan Ekonomi maka dia akan menjadi staf atau ahli ekonomi di perusahaan, jika seseorang kuliah di jurusan elektro maka nantinya akan menjadi engineer elektro dan begitu juga dengan jurusan lain.

Tetapi tidak sedikit orang yang profesinya sekarang dengan jurusan kuliahnya dulu berbeda jauh. Mungkin salah satu alasannya kenapa seperti itu adalah karena dulunya salah jurusan. dia baru menemukan passion nya ketika sudah lulus dan masuk ke dunia kerja. Atau bisa saja alasannya karena diterima kerjanya dibidang itu hehehe.

CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH

TukangTeori.com akan mencoba membantu para pembaca khususnya bagi temen temen yang bingung memilih Jurusan pekuliahan atau kampus yang tepat. Berikut ini adalah poin poin yang harus diperhatikan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat :

1. Ketahui bakatmu

Cara memilih jurusan kuliah

Tips memilih jurusan kuliah yang pertama adalah mengetahui bakat. Sebelum memilih jurusan di lembar pendaftaran ujian masuk kuliah apapun itu jenisnya. Coba luangkan satu atau dua hari untuk berpikir bakat apa yang kita miliki dan apa yang kita sukai selama ini. Cara perhatikan apa yang sering kita lakukan sehingga lupa waktu. Tanyakan juga kepada sahabat yang paling dekat apa yang dia lihat tentang bakatmu. Tanyakan juga pendapatnya kira kira kamu bagus ngambil jurusan apa.

Anda Harus Tahu   Terlalu Sering Bertemu Wanita Cantik Makin Sulit Menikah

2. Sesuaikan dengan Cita cita

jurusan sesuai cita cita

Cita cita yang dimaksud disini adalah profesi. apakah ingin jadi dokter, guru, ahli ekonomi, engineer, pengusaha atau profesi lainnya ? Mulai lah berpikir tentang mau jadi apa kita nantinya. Setelah mendapatkan profesi apa yang kamu inginkan. Mulailah memilih jurusan kuliah apa yang berkaitan dengan perkerjaan itu. Contohnya Jurusan kedokteran untuk menjadi dokter atau Jurusan Teknik elektro untuk menjadi engineer elektro. Kadang cara ini sangt efektif dan membuat kita selalu semangat untuk kuliah.

3. Prosfek Jurusan

tips memilih jurusan

Kita harus melihat prosfek dari profesi yang bersesuaian dengan jurusan yang kita ambil. Jangan sampai kita mengambil profesi yang menjadi tidak berharga dimasa depan. Perhatikan perkembangan jaman mulai dari awal kita memilih jurusan kuliah sampai perkuliahan berakhir. Teknologi biasanya yang paling banyak merubah pola kerja. Coba perhatikan saja apa yang terjadi pada kantor pos selama ini. Sekarang hampir jarang orang berkirim surat dengan menggunakan jasa kantor pos karena perkembangan internet yang begitu pesat. Carilah jurusan yang menyokong perkembangan jaman dan tidak akan terlindas oleh teknologi.

Anda Harus Tahu   Ciri Ciri Lelaki yang Akan Mengajak Menikah

4. Perhatikan Nilai, Norma dan Agama

Setiap jurusan memiliki nilai nilai yang dianut. Apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang memilih jurusan tertentu. Norma yang ada didalamnya juga perlu di perhatikan dan dijalankan. Pastikan semua nilai dan norma yang ada di sebuah jurusan tidak mengganggu akidah agama dan aktifitas didalamnya. Pilihlah jurusan yang tidak mengganggu kegiatan Agama mu dan menjunjung tinggi nilai dan norma.

5. Cari Jurusan berakreditasi di Perguruan Tinggi

Memilih jurusan akreditasi A

Selain dari sisi pribadi, kita juga harus mengukur disisi Perguruan tinggi. Carilah Perguraun tinggi dengan jurusan yang kita ingin kan berakreditasi minimal A. Jangan sampai kita hanya memaksakan diri masuk ke jurusan yang kita inginkan tetapi kualitas dari pengajar, lingkungan dan pelayanannya tidak mendukung untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Cari lah informasi jurusan yang kamu inginkan disetiap perguruan tinggi. Sebab tidak akan sama kualitas suatu jurusan di kampus A dengan kampus B.

6. Perhatikan Budget saat memilih jurusan kuliah

Biaya kuliah

Bekal adalah sesuatu yang penting dalam menjalankan perkuliahan. Tanpa bekal yang cukup kita akan ketetaran dengan biaya yang harus dikeluarkan. Setiap jurusan memiliki biaya perkuliahan yang berbeda beda. Jangan berpikir bahwa karena satu perguruan tinggi maka harga bayaran kuliahnya sama. Biaya yang paling mahal saat ini adalah kedokteran karena bahan praktiknya memiliki harga yang mahal dan langka. Perhatikan kondisi keuangan keluarga apakah memungkinkan untuk memilih jurusan kuliah yang kita sukai atau tidak. Bicara semuanya dengan orang tua atau dengan lembaga yang akan membiayai kita kuliah.

Anda Harus Tahu   Rasis dalam memilih Jodoh

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Keenam point diatas sudah bisa membuat kita mengambil keputusan jurusan mana yang akan kita pilih. Mendapatkan profesi yang bersesuaian dengan jurusan kuliah kita akan menambah cepat perkembangan negara. Karena pekerjaan pada profesi tersebut dipegang oleh ahlinya. Tambahan Khusus bagi yang beragam Islam, jangan lupa untuk shalat istikharah dan berdoa agar ditunjukan jurusan mana yang bagus untukmu. Cara Memilih Jurusan Kuliah yang tepat akan membawa kita pada kesuksesan 🙂

Kasih masukanmu di sini

loading...


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)