Cara Menegur Rekan Kerja Ketika Melakukan Kesalahan

TukangTeori.com – Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. setiap dari kita pasti pernah melakukan kesalahan baik yang disengaja atau pun tidak. alangkah beruntungnya jika disekitar kita ada yang mengingatkan ketika kita berbuat salah. setiap kesalahan harus ada tindakan baik itu berupa teguran maupun langsung hukuman sekalipun.

Bagaimana jika di lingkungan kita ada seseorang yang melakukan kesalahan. Apakah kita akan berdiam diri saja, menegurnya atau langsung menghukumnya. Disini kepedulian kita terhadap orang lain di uji. Ketika kita hanya diam berarti membiarkan suatu pelanggaran, jika menegurnya takut tidak enak hati. Apalagi menghukumnya, kita bukan orang yang berwenang.

Kali ini TukangTeori.com akan memberikan tips Cara Menegur Rekan Kerja Ketika Melakukan Kesalahan. Mengingatkan teman atau rekan kerja memang susah susah gampang. Di satu sisi tidak enak karena teman sendiri, disisi lain tidak biasa untuk mengingatkan orang atau bahkan di tuduh melakuakn persaingan yang tidak sehat. Serba salah memang, tetapi mudah mudahan tips ini bisa membantu teman teman ketika berhadapan dengan situasi ini.

Anda Harus Tahu   Masalah yang akan Anda Temui di Tempat Kerja

cara menegur rekan kerja

Berikut ini hal hal yang perlu diperhatikan ketika menegur rekan kerja ketika melakukan kesalahan :

1. Tegurlah dengan bahasa yang sopan

Seseorang paling suka jika orang yang berbicara dengan mereka menggunakan bahasa yang sopan. Bahasa yang sopan mengartikan seseorang menghargai kita. Apalagi jika sehari harinya kita biasa menggunakan bahasa yang biasa saja bahkan cendrung kasar. Orang akan mengerti bahwa teman yang mengingatkan berusaha untuk tidak menyakiti perasaan kita.

2. Jangan Menegur mereka di depan atasan

Di dunia kerja pandangan suatu atasan terhadap kita merupakan sesuatu yang berharga. Ketika Kita menegur seseorang dihadapan atasan, orang tersebut pasti berpikir bahwa kita menegur bukan karena perduli. Melainkan mencari kambing hitam demi terlihat bagus dihadapan atasan. Ini akan terlihat menjadi persaingan yang tidak sehat dan menimbulkan kebencian diantara kita.

3. Membuat mereka sadar akan kesalahannya

Setiap perusahaan memiliki peraturan tersendiri. Sehingga para pegawai seharusnya tahu mana yang harus dan tidak untuk dikerjakan. Jika ada rekan kerja kita yang melakukan kesalahan, coba tanyakan tentang peraturan tersebut seolah olah kita tidak mengetahuinya. atau sekedar menyindir agar dia mengetahui apa yang dilakukannya tersebut adalah perbuatan yang salah. Resiko dari hal ini adalah dia sadar dengan kesalahannya atau dia akan kesal kepada kita seolah olah kita tidak pernah melanggar peraturan perusahaan

Anda Harus Tahu   Bingung Saat Hari Pertama Bekerja Di Perusahaan

4. Tegur dengan menggunakan alat komunikasi jarak jauh

Jika kita merasa tidak enak untuk menegurnya secara langsung di tempat kerja, kita bisa menegurnya melalui alat telekomunikasi seperti telpon, SMS , chat atau email. Biasanya tip ini dilakukan diluar jam kerja, mungkin sesudah pulang kerja kita bisa mengingatkan rekan kerja bahwa dia melakukan kesalahan dan saran kan agar tidak mengulanginya lagi.

Mungkin 4 hal diatas bisa membantu kita agar bisa mengingatkan rekan kerja akan kesalahannya. Semoga setiap pegawai Indonesia mempunya jiwa yang lapang dada. Ketika kita melakuakn kesalahan, disitu kita bisa menerima teguran dari orang lain. Cara Menegur Rekan Kerja Ketika Melakukan Kesalahan

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)