20 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami. Jerawat merupakan salah satu masalah serius dalam penampilan wajah kita. Kebanyakan dari kita tidak akan begitu percaya diri ketika memiliki banyak jerawat.  sudah jelas bahwa jerawat membuat seseorang menjadi tidak enak dipandang. Seteleh sembuh pun jerawat masih menghantui penampilan kita dengan bekasnya yang berupa flak hitam dan benjolan benjolan kecil sehingga kulit kita terlihat tidak rata.

Menghilangkan jerawat dan bekasnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa menggunakan peralatan modern, pergi ke pusat kecantikan, menggunakan kosmetik dan yang paling baik adalah menghilangkan jerawat dengan cara alami. Selain murah, cara alami juga tidak mengandung efek samping yang membuat kulit menjadi rusak. Jika menggunakan bahan kimia berbahaya, bukannya mendapatkan hasil yang bagus, malah kulit kita semakin rusak.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Kulit

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. sebaiknya kita mengetahui apa saja yang menyebabkan kulit kita  bisa berjerawat. Kenapa kita harus mengetahui hal itu ? seperti apa kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kita bisa mencegah kulit berjerawat dengan mengetahui penyebabnya. berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan kulit berjerawat

1. Konsumsi Makanan penyebab jerawat

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu munculnya jerawat. Mengkonsumsi makan makanan tersebut secara terus menerus atau berlebihan dapat mengakibatkan kulit kita berjerawat. Jenis makanan yang bisa menimbulkan jerawat adalah Junkfood, santan, mie instan, eskrim, gorengan, seafood, beberapa jenis kacang kacangan, susu, nasi goreng dan beberapa makanan manis olahan. Hindarilah makanan makanan tersebut, jika memang harus mengkonsumsinya karena kebutuhan, diusahakan jangan terlalu banyak

2. Penyakit kulit turunan / Jenis kulit

Salah satu faktor yang menyebabkan kulit kita berjerawat adalah karena keturunan. Coba perhatikan kulit orang tua kita apakah berjerawat atau terdapat banyak bekas jerawat diwajahnya. Kalau perlu tanyakan apakah dulu mereka berjerawat banyak atau tidak. Jika iya, berarti kita harus menjaga kulit kita dengan perawatan extra.

3. Muncul Jerawat Karena Bakteri

Bakteri P.Acne merupakan bakteri yang bisa menimbulkan jerawat atau radang kulit. Karena kurangnya kebersihan, bakteri ini bisa berkembang di kulit kita. Mereka berada dan berkembang biak dalam kelenjar yang disebut sebaceous. Bakteri ini akan menyumbat kelenjar tersebut dan menyebabkan peradangan pada kulit sehingga muncul jerawat pada kulit.

4. Penggunaan make up berlebihan atau tidak cocok

Jangan pernah berlebihan terhadap suatu apapun. Mungkin kata kata itu cocok bagi perempuan yang sering memakai make up berlebihan. Make up sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Pemakaian make up yang terlalu tebal akan menutup rongga rongga kulit sehingga hal hal yang dibutuhkan kulit tidak tepenuhi. Pemakaian make up yang tidak cocok akan menyebabkan iritasi pada kulit dan bisa menimbulkan jerawat. Carilah make up yang cocok dengan kulit Anda dan jangan pakai berlebihan

5. Muncul Jerawat Karena Stress

Stress sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Fungsi fungsi organ dalam tubuh terganggu ketika kita stress. Salah satunya kelenjar kelenjar yang ada pada kulit. sebisa mungkin hindari hal hal yang bisa menyebabkan stress. Bisa dengan cara mengobrol dengan orang lain atau tertawa menyaksikan atau mendengar hal hal yang lucu.

6. Faktor Hormon

Hormon hormon yang ada pada tubuh kita berpengaruh pada kesehatan kulit. Salah satunya adalah Hormon progeteron pada wanita yang bisa menyebabkan peningkatan produksi Minyak pada kulit. Produksi minyak berlebih akan menyebabkan kulit penumpukan lemak pada kulit, Sehingga menyebabkan aliran darah tidak lancar dan menyebabkan jerawat pada kulit. Begitu juga hormon pada orang yang sedang jatuh cinta dan masa masa pubertas

7. Efek Obat

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa obat kimia memiliki efek samping. Salah satunya bisa berpengaruh pada kesehatan kulit. Salah satu jenis obat yang berpengaruh pada kesehatan kulit adalah kortikosteroid. Tidak semua orang terpengaruh dengan jenis obat tersebut, bagi Anda yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, kemungkinan terpengaruhi lebih besar.

8. Lingkungan Tempat Kerja

Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan kesehatan kulit kita menurun.  Polusi udara seperti debu, asap kendaraan, asap rokok dan lainnya akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Selain itu perlengkapan yang kita pakai yang menempel ke kulit dapat menyebabkan penyakit kulit jika tidak bersih. Contohnya adalah baju, helm, sarung bantal dan handuk

9. Infeksi kulit

Anda Harus Tahu   Mengetahui Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

Luka yang timbul diwajah bisa menyebabkan infeksi jika tidak cepat ditangani. Penyumbatan pada kulit dapat menimbulkan masalah tersendiri. Munculnya berbagai masalah pada kulit mungkin disebabkan oleh kelalaian kita dalam merawat luka pada kulit. Contohnya di wajah, kita sering mengeluarkan komedo dengan cara memencet nya sampai keluar dan  itu sering menghasilkan luka atau bekas komedo tersebut. Jika tidak di bersihkan, bisa timbul jerawat setelahnya.

Setelah kita mengetahui penyebab kulit berjerawat dan menghindarinya tetapi kita masih saja berjerawat, jangan berkecil hati sebaiknya kita langsung memulai perawatan untuk menghilangkan jerawat. Ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat, yaitu dengan cara alami dan kosmetik penghilang jerawat. Selanjutnya tukangteori.com akan membahas cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Tetapi sebelumnya kita harus mengetahui Jenis jenis bekas jerawat. berikut ini adalah beberapa jenis bekas jerawat yang sering dialami pada kulit manusia :

A. Bekas jerawat Atrophic

Bekas jerawat Atrophic adalah bekas jerawat yang tidak terlalu ketara, beberapa lapisanan sel  kulit hilang setelah terjadinya jerawat. Kita butuh beberapa bahan alami untuk membantu regenerasi sel kulit.

B. Bekas jerawat Hypertrophic

Bekas jerawat Hypertrophic merupakan jenis bekas jerawat yang paling banyak di alami yaitu flak hitam. Bekas jerawat terlihat hitam pada kulit.

C. Bekas jerawat Post-inflammatory pigmentation

Bekas jerawat tipe ini sering meninggalkan warna merah atau coklat pada kulit

Perlu di ingat bahwa untuk menyembuhkan jerawat tidak bisa secara instan. Perawatan atau pengobatan harus dilakukan secara terus menerus dan teratur. Butuh sedikit kesabaran untuk mendapatkan hasil yang bagus. Kami mempunyai 20 cara menghilangkan jerawat dan bekasnya karena mungkin setiap orang mempunyai kecocokan tersendiri. Bisa saja cara A tidak cocok pada orang tertentu begitu juga cara yang lainnya.

20 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara yang terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan cara alami. Dengan bahan bahan alami yang mudah didapat, Kita akan mendapatkan kesembuhan tanpa efek samping pada kulit kita. Perlu di ingat bahwa tidak semua orang cocok dengan metode atau cara pengobatan tertentu. Pilih salah satu dari ke 20 cara dibawah ini berdasarkan bahan yang mudah didapat dan cocok bagi kulit Anda :

Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

1. Menggunakan Lidah Buaya

aloe vera atau sering kita sebut dengan lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan,Termasuk kesehatan kulit. Banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan ekstrak lidah buaya untuk membantu menghaluskan kulit. Selain itu, tanaman ini mudah di dapat. bahkan kita sering orang orang menanamnya pada pot bunga untuk hiasan

Cara menggunakan Lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat :

Ambil satu helai lidah buaya dengan  ukuran yang tidak terlalu besar mungkin tebalnya sekitar 2 -3 jari  saja. Kupas lidah buaya tersebut, kita akan mengmbil gelnya saja. Sebisa mungkin jangan bercampur dengan getahnya. Karena getahnya akan membuat gatal kulit. Ambil gel tersebut kemudian usapkan pada wajah atau kulit yang berjerawat kemudian diamkan. Setelah  10 -30 menit, Anda bisa membilasnya dengan air. Lakukan hal tersebut 2 – 3 kali dalam 1 minggu.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal akan kekhasiatannya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dalam minyak Zaitun Minyak ini kaya akan vitamin E. Untuk menggunakannya sebagai penghilan bekas jerawat, cukup dengan oleh minyak ini pada bekas jerawat kemudian pijit pijit secara halus. Lakukan hal ini pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

3. Menggunakan air perasan lemon

air perasan lemon bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas jerawatr pada wajah. Ambil satu biah lemon kemudian peras. Campurkan hasil perasan tadi dengan satu cup air putih. Olehkan campuran tersebut pada kulit selama 3-5 menit. Kemudian bersihkan dengan air.

Air persan lemon ini akan menghilangkan atau membuat sel sel mati pada kulit dan membuat kulit kita meregenerasi sel sel yang baru.  Sehingga bekas jerawat yang ada pada kulit lama kelamaan akan memudar. Anda bisa melakukannya setiap hari untuk mendapat hasil yang baik. Pastikan kulit kita lembab karena air perasa lemon ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang kering.

4. Menggunakan Madu

Madu merupakan bahan alami yang kaya akan manfaat salah satunya sebagai pelembab kulit alami, bisa juga digunakan untuk membersihkan jerawat dan mengurangi bekasnya. Hal ini dikarenakan madu mengandung sifat antibakteri dan membantu menetralisir zat-zat yang ada di kulit serta mengurangi peradangan pda kulit. Agar lebih efektif, sebaiknya kita menggunakan madu alami, bukan madu olahan yang sudah berbentuk produk. Cara pakainya sukup mudah, anda dapat mengoleskan madu langsung ke daerah bekas jerawat kemudian lakukan pijatan pijatan kecil sebentar. Setelah itu diamkan 3- 4 menit dan bisa dengan air. Anda bisa melakukan ini setiap hari.

Anda Harus Tahu   Manfaat Minum Air putih secara teratur untuk kesehatan

5. Menggunakan Tomat

Buah Tomat banyak mengadung  Vitamin A dan Lycopene, zat zat tersebut dapat membantu nutrisi dan meremajakan kulit. Vitamin A membantu penyembuhan luka pada kulit dan membantu pertumbuhan sel-sel kulit yang baru, sehingga dapat mengurangi bekas luka atau jerawat.

Cara menggunakan tomat sebagai penghilang bekas luka jerawat : Siapkan satu buah tomat segar. Iris tipis, kemudian Letakkan irisan tomat tersebut pada area yang berjerawat, diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air bersih. Anda juga bisa membuat pasta dari tomat sebagai masker wajah. Caranya adalah Blender 1 buah tomatsampai lembut, setelah itu, oleskan merata ke wajah, tunggu selama 20-30 menit lalu bersihkan dengan air bersih. Lakukan hal ini 2 hari dalam setiap minggu secara teratur.

6. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang paling mudah ditemukan. Kita bisa menemukannya setiap hari didapur. Kandungan berbagai asam yang ada pada minyak kelapa dapat memicu pertumbuhan sel sel baru sehingga bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Cara mengguanakannya juga cekup mudah, yaitu dengan cara mengoleskannya pada kulit kemudian pijat dengan lembut 3- 5 menit. Cara tadi bisa dilakukan setiap hari.

7. Menggunakan Baking Soda

Baking soda Merupakan bahan rumah tangga yang kaya akan manfaat, Salah satunya adalah untuk membantu menyembuhkan bekas luka pada kulit. Baking soda terdiri dari kristal natrium bikarbonat yang lembut berfungsi untuk Membuang sel sel yang mati atau dengan kata lain pengelupasan kulit, bila digunakan sebagai scrub pembersih.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan baking soda :

Campurkan 2-3 sendok teh baking soda dengan cukup air untuk membuat pasta yang kental. Setelah itu oleskan merata ke area bekas jerawat, kemudian lakukan pijatan lembut secara memutar. diamkan selama 1-2 menit, agar baking soda bekerja membersihkan pori-pori dan menghilangkan noda pada kulit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan hal ini ini sekali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

8. Menggunakan Es Batu

Es batu dapat digunakan untuk mengurangi efek bekas jerawat. Jika Jerawat Anda mulai mengecil dan terlihat akan ada bekasnya. Es batu bisa mengurangi atau mencegah munculnya bekas jerawat. Gunakan Es batu untuk mencegah peradangan akibat jerawat. Cara menggukannya juga sangat sederhana. Bungkus esbatu ukuran kecil dengan tissu atau kalin yang lembuh kemudian usap usap pada area kulit yang  berjerawat.

9. Menggunakan AmpasTeh Hitam

Ampas Teh hitam ternyata bisa juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat khususnya flak hitam. Cara penggunaannya adalah dengan cara mengoleskan ampas teh hitam pada kulit yang ada bekas jerawatnya kemudian pijit pijit sehingga ampas tehnya merata. biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. bisa dilakuakn 2 -3 dalam seminggu

10. Menggunakan Jus Timun

Tidak hanya baik untuk sayuran, Mentimun juga bisa menjadi bahan alami yang bagus untuk perawatan wajah. , mentimun mengandung vitamin A, vitamin C dan magnesium, yang bermanfaat baik untuk kulit. Cara menggunakan mentimun untuk penyembuhan bekas jerawat adalah sebagai berikut :

Ambil satu buah mentimun (organik), kemudian Masukan ke dalam blender ditambahkan dengan air sedikit. Kemudian letakkan hasil blender mentimun tadi di kulit bekas jerawat dan luka. Setelah sekitar tiga puluh menit,  bilas wajah dengan air bersih. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Menggunakan Lulur Putih telur

Bahan yang mudah didapat selanjutnya adalah putih telur. Selain sebagai bahan makanan, putih telur juga sangat bagus pada kesehatan kulit. banyak produk kosmetik yang menggunakan putih telur sebagai campuran ramuan mereka.

Cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan bekas jerawat sangt lah mudah yaitu dengan cara mengolehkannya pada area yang berjerawat. Pijat pijat sebentar kemudian diamkan selama 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini bisa dilakukan setiap hari

12. Menggunakan Bengkoang

Seperti halnya putih telur, Bengkoang merupakan bahan yang sering digunakan untuk produk kecantikan. Kandungan air pada bengkoang dapat mengangkat sel sel kulit yang mati dan membantu regenerasi sel yang baru. Sangat cocok untuk dijadikan obat untuk menghilangkanbekas jerawat pada kulit wajah.

Anda Harus Tahu   8 Fakta Menarik dari Kentut

Cara menggunakan nya adalah parut satu buah bengkoang, setengahnyajuga boleh agar tidak terlalu banyak. Kemudian oleskan hasil parutan tadi pada kulit yang ada bekas jerawatnya. diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air. Anda bisa melakukannya setiap hari.

13. Menggunakan Kunyit

Bahan yang mudah didapat lainnya adalah kunyit. Selain untuk bumbu masakan, kunyit bisa dipakai untuk kecantikan kulit. Kunyit sangat cocok untuk digunakan sebagai penghilang bekas jerawat. caranya sangat lah mudah. Parut satu buah kunyit kemudian tempelkan hasil parutan tadi pada kulit yang ada bekas jerawatnya. Diamkan sektiar 10 menit kemudian bilas dengan air. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari

14. Menggunakan  Masker Aspirin

Perlu anda ketahui bahwa aspirin bermanfaat sebagai Anti-Inflamasi dan mengandung asam salisilat, yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Fungsi utama masker Asfirin adalah untuk mencegah kulit menghitam dan melembutkan kulit. Cara penggunaanya Anda bisa mencampurkan sekitar 4-5 butir asfirin dengan yogurt atau lidah buaya menjadi masker. Kemudian oleskan masker tersebut di wajah , diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. jangan lupa untuk melembabkan kulit kembali. Cara ini jangan terlelu sering digunakan, cukup 1 -2 kali dalam seminggu.

sumber : Hariansehat.com

15. Menggunakan  Minyak Vitamin E

Vitamin E terkenal fungsinya dalam meremajakan kulit kembali. dengan menggunakan minyak Vitamin E, kita bisa menghilangkan bekas jerawat. Cukup dengan mengoleskannya dikulit kemudian pijat pijat sebetar dan biarkan 2-3 menit. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Menggunakan Minyak Hip Rose

Hip Rose merupakan buah dari tanaman sejenis bunga ros. Minyak yang terkandung dalam tersebut kaya akan vitamin dan anti oksidan yang bagus untuk menjada kesehatan kulit. Minyak ini dipercaya dapat membantu regenerasi sel sel kulit. Sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan noda atau flak hitam bekas jerawat. Cara menggunakannya kita bisa mengoleskan minyak Hip rose pada kulit dan memijat mijatnya secara lembut. Lakukan 2 -3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

17. Menggunakan Menggunakan Scrub Gula

Cara Menghilangkan bekas jerawat dengan scrub gula memang terdengar sedikit aneh. Anda cukup menyediakan gula dan minyak zaitun untuk membuat scrub gula. Kandungan yang ada pada Gula murni diantaranya adalah asam glikolat dan AHA, yang berfungsi membersihkan sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel.

Cara Penggunaan scrub gula sebagai penghilang bekas jerawat: campurkan 2 sendok gula murni dengan 1 sendok minyak zaitun, kemudian tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis, lalu buat adonan menjadi scrub. Kemudian oleskan scrub gula tersebut pada bekas jerawat, biarkan selama sekitar15-20 menit, cuci dengan air bersih. Anda bisa melakukannya setiap hari.

18. Menggunakan  Jus Kentang

Selain sebagai sumber makanan, kentang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan penyembuhan luka. Kentang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membuat kulit kita semakin sehat. Cara pengolahannya adalah sebagai berikut :

Siapkan sebuh kentang (lebih segar lebih bagus), lalu potong tipis-tipis. Tambahkan air, kemudian buatlah jus kentang dengan cara diblender (sebisa mungkin jangan terlalu encer). Setelah itu oleskan jus kentang tadi  pada bekas jerawat sambil melakukan pijatan lembut. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukannya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

19. Menggunakan Hasil  Parutan Jagung

Jagung kaya akan vitamnin A dan C, ini sangat bagus untuk kesehatan kulit. Kita bisa memanfaatkan jagung sebagai perawatan kulit. Terutama untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit. Caranya sangat lah mudah, pertama tama ambil satu buah jagung kemudian parut hingga halus. Oleskan hasil parutan tadi pada kulit bekas jerawata. Tunggu sampai 15 menit kemudian bilas dengan air. Lakukan Hal ini 2-3 kali dalma seminggu untuk hasil yang bagus.

20. Menggunakan Bekam Wajah atau Estetika

Bekam adalah salah satu pengobatan alternatif yang sangat efektif untuk menghilangkan racun dan darah kotor didalam tubuh. Metode ini sangat ampuh juga untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Darah kotor penyebab jeratan akan dikeluarkan sehingga muncul sel sel darah yang baru yang berpengaruh juga pada sel sel kulit yang mati. Mungkin untuk sebagian orang cara ini cukup ektrim dalam Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)