7 Cara Menghilangkan Komedo Secara alami

Komedo adalah salah satu masalah yang terjadi pada kulit wajah. Komedo muncul akibat penyumbatan pada pori-pori kulit berupa tonjolan kecil berwarna putih yang disebut whitehead dan yang berwarna hitam dikenal sebagai blackhead, Komedo biasanya muncul pada sekitar kulit wajah anda, ada juga yang muncul di area kulit lain tetapi kasus seperti itu jarang ditemui. Area wajah yang sering muncul komedo adalah hidung dan dibawah mata.

Komedo yang terinfeksi dapat berkembang menjadi jerawat, yang dikenal sebagai papul atau pustule. Komedo secara umum biasanya muncul dan berkembang pada saat dan setelah masa pubertas, Itu karena kadar hormon dalam tubuh (bagian kulit) menghasilkan sebum yang berlebihan. Memiliki komedo yang terlalu banyak akan mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu sebisa mungkin komedo harus dihilangkan. Kali ini Tukangteori.com akan membahas tentang Komedo dan Cara menghilangkan Komedo Secara Alami.

Sebelum masuk ke cara menghilangkan komedo, ada baiknya kita mengetahui berbagai hal yang menjadi penyebab munculnya komedo di kulit wajah kita.  Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan munculnya komedo pada kulit.

Cara Menghilangkan Komedo Secara alami

Penyebab Munculnya Komedo

1. Makanan berminyak

Apa yang kita makan sehari hari sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang berminyak seperti gorengan akan meningkatkan kadar minyak dalam keringat. Kandungan zat zat yang ada pada makanan berminyak akan memicu tumbuhnya komedo di sekitar wajah. Ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, wajah kita kan mulai ditumbuhi komedo.

2. Wajah kotor

Wajah yang kotor dapat memicu tumbuhnya komedo di sekitar wajah. Pori pori kulit wajah akan tersumbah oleh kotoran kotoran sehingga menjadi penyebab utama munculnya komedo. Biasakan untuk mencuci wajah sampai bersih. Gunakan pembersih wajah jika diperlukan.

3. Suka merokok

Kandungan zat yang ada pada rokok seperti kita ketahui dapat membahayakan kesehatan. Begitu juga pada kulit. partikel halus yang ada pada asap akan mengganggu kesehatan kulit. Banyak perorok yang memiliki kulit yang tidak sehat akibat terlalu banyak terkena asap.

4. Make up secara berlebihan

Kusus untuk wanita sebaiknya jangan menggunakan make up secara berlebihan. karena pemakaian make up yang berlebihan akan membuat kulit menjadi lebih mudah dihinggapi oleh jerawat dan komedo.Bahan bahan yang ada pada make up dapat menjadi penyebab penyumbatan pori pori kulit Dan jangan lupa sebaiknya dalam memilih alat make up atau perias wajah tidak yang mengandung minyak karena akan membuat kondisi kulit semakin parah.

5. Konsumsi Kafein dan Alkohol

Memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol dan kafein secara terus menerus, selain dapat memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh juga memiliki efek terhadap kondisi kulit. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merusak kulit karena merangsang kelenjar minyak untuk berproduksi berkali-kali lipat daripada biasanya. Sedangkan alkohol yang ada pada minuman membuat pola tidur yang mengkonsumsinya menjadi berantakan dan tentu saja berimbas pada kondisi kulit.

Anda Harus Tahu   8 Fakta Menarik dari Kentut

6. Pengaruh Hormon yang tidak stabil

Seseorang dengan kadar testosteron yang tinggi akan lebih mudah terserang jerawat dan komedo karena adanya peningkatan rangsangan aktivitas kelenjar sebaceous yang menyebabkan sebum berproduksi secara berlebihan. Hal ini menjadi salah satu penyebab  munculnya komedo pada anak anak usia pubertas

7. Stress

Pikiran yang tidak tenang meruapakan pemicu munculnya berbagai macam penyakit. Tidak luput pula pada penyakit disekitar kulit. Hormon dan kelenjar dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal ini menyebabkan kulit mudah terkena jerawat dan Komedo. Selain itu pada saat mengalami stress, Kita seringkali menjadi pribadi yang  mengabaikan hal-hal yang menyangkut diri kita seperti perawatan kulit .

8. Kurang konsumsi air

Mengkonsumsi air pada kadar atau jumlah seharusnya dapat memperlancar sistem seksresi pada tubuh kita. Kelenjar keringat akan bekerja normal sehingga tidak akan mengganggu kesehatan kulit. sebaliknya juga kita kekurangan konsumsi air, akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Komedo bisa muncul karena kita kurang konsumsi air.

Fakta tentang komedo yang harus Anda ketahui

1. Komedo berbeda dengan jerawat

Meskipun sama sama menonjol, Komedo tidak bisa disamakan dengan jerawat. Jerawat sifatnya meradang dan dapat membesar sedangkan komedo tidak. Tetapi jikaterjadi infeksi pada area kulit yang terdapat komode, nantinya bisa muncul jerawat. Ukuran Jerawat biasanya lebih besar dari pada komedo.

2. Komedo bisa dicegah

Setelah tahu tentang penyebab dari munculnya komedo, seharusnya kita tahu bagaimana cara merawat kulit agar tidak muncul komedo. Mulai dari pola makan, tidur dan pola olah raga secara teratur, dapat mencegah munculnya komedo dan jerawat pada kulit.

3. Komedo jangan di pencet

Penanganan yang sering dilakukan pada komedo adalah dipencet. Memencet komedo untuk menghilangkannya akan membuat kondisi wajah kalian semakin buruk. Hal itu dapat membuat irirtasi pada kulit. sebaiknya kita menggunakan pinset pada area pori pori atau menggunakan masker untuk menghilangkan komedo.

4. komedo tidak selalu hitam

Seperti disebutkan di awal bahwa ada 2 jenis komedo berdasarkan warnya yaitu blackhead dan whitehead comedo. Kadang juga kita menemukan komedo  yang berwana kuning. berikut penjelasannya :

Jenis Jenis Komedo pada kulit wajah

A. Komedo BlackHead
Komedo ini adalah komedo yang berwarna hitam karena mengandung unsur melanin. Mulanya, komedo yang keluar dari permukaan kulit wajah berwarna putih, akan tetapi terjadi oksidasi langsung dengan udara. sehingga warnanya berubah menghitam.. Komedo ini Nampak seperti pori-pori, Tetapi warnya hitam. Komedo ini juga disebut sebagai open comedo karena posisinya berada dibagian terluar dan Nampak pada permukaan kulit.

B. Komedo WhiteHead
Komedo jenis ini disebut komedo Whitehead karena letaknya yang berada di dalam kulit sehingga tidak langsung beroksidasi dengan udara dan warnanya menjadi tetap putih. Komedo whitehead memiki epitel yang tumbuh pada pori yang tersumbat, sehigga nampaklah tonjolan putih yang berukuran kecil dan meruncing jika kita cabut karena posisinya yang berada di bawah kulit.

Anda Harus Tahu   Cara Memilih Buah Mangga yang Matang dan Manis

7 CARA MENGHILANGKAN KOMEDO SECARA ALAMI

Setelah kita mengetahui Penyebab, Fakta penting dan jenis jenis komedo, Saatnya kita masuk ke bagian bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami. Maksud secara alami disini adalah menggunakan bahan bahan alami dalam prosesnya. Berikut ini  cara alami untuk menghilangkan komedo yang bisa kita lakukan.

1. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sudah teruji manfaatnya dalam merawat kecantikan kulit dan rambut. Gel lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo yang muncul pada kulit. Lidah buaya mengandung 2 jenis hormon, yakni Auksin dan Giberelin, hormon penyembuhan dan anti-inflamasi yang membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, lidah buaya adalah pelembab alami yang bagus untuk kulit Anda.

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian iris menjadi dua bagian. Kupas kedua bagian tersebut, sebisa mungkin gelnya terpisah dari getahnya. Ambil lendir atau gelnya dan oleskan pada area yang terdapat komedo. lakukan secara rutin 1-2 kali sehari sampai komedo anda tak nampak kembali. anda juga bisa menggunakan hasil blenderan lidah buaya yang telah dikupas (dipisahkan dari getahnya).

2. Menggunakan Kombinasi Lemon dan madu

Lemon dan madu tidak kalah dengan lidah buaya. Kedua bahan ini sangat bagus untuk kesehatan kulit. Cara menghilangkan komedo dengan lemon dan madu , yaitu dengan mengiris buah lemon menjadi dua bagian. Kemudian teteskan madu pada permukaan lemon yang sudah diiris tadi. Setelah itu gosok-gosokkan irisan lemon yang sudah ditetesi madu tersebut pada area kulit wajah yang berkomedo. Diamkan selama 5-7 menit lalu bersihkan dengan air dingin agar pori-pori wajah anda menutup kembali.

3. Mengguanakan buah Pepaya

Buah pepaya sudah sangat terkenal akan khasiatnya untuk perawatan maupun kecantikan kulit wajah. banyak prdsuk kecantikan mengguanakan buah ini sebagai bahan bakunya. Salah satu keunggulan buah pepaya adalah untuk mengatasi komedo di kulit. Zat Papain yang terkandung di pepaya membantu pengangkatan sel kulit mati. Selain itu pepaya mengandung proteolitik yang bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat serta komedo.

Cara Mengguanakan buah Pepaya sebagai penghilang komedo, yaitu dengan cara membuat masker pepaya. Lembutkan potongan buah pepaya hingga mirip bubur secukupnya (bisa menggunakan blender). kemudian oleskan pada sekitar wajah yang nampak terdapat komedo secara merata. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan hal ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur malam untuk hasil yang maksimal.

Anda Harus Tahu   6 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan

4. Menggunakan Jus Lemon

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya adalah  dengan menggunakan jus lemon atau jeruk nipis. Lemon Merupakan salah satu bahan yang sangat efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Asam sitrat yang terkandung pada lemon dapat membantu mengencangkan pori-pori sehingga dapat mencegah munculnya komedo.

Caranya menghilangkan komedo dengan Jus lemon. Siapkan 1-2 buah lemon kemudian belah dan peras. Campurkan dengan sedikit air putih. Campurkan jus lemon tadi dengan minyak almond dan gliserin dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area kulit yang berkomedo secara merata, tunggu siktar10 menit lalu bilas memakai air bersih.

5. Masker Putih Telur

Putih telur juga sangat bagus jika digunakan untuk perawatan kulit. Putih telur sangat bagus untuk membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menyerap minyak berlebih dan mengencangkan pori-pori. Ingat ya, hanya putih telurnya saja, bukan sama kuning telurnya.

Cara menghilangkan komedo dengan masker putih telur, yaitu dengan cara membalurkan putih telur pada wajah yang teradapat komedo atau sekitar hidung anda secara merata, kemudian diamkan sampai terasa mengering, kemungkinan sekitar 25-30 menit. Selanjutnya basuh muka anda menggunakan air hangat. Anda juga bisa menambahkan madu pada adonan putih telur tadi.

6. Menggunakan Campuran Madu dan Susu

Selian utnuk makanan, Madu dan susu juga memiliki beberapa sifat yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Susu memiliki asam laktat yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Sedangkan madu memiliki sifat antibakteri. Keduanya bagus untuk menghilangkan komedo dengan cepat dan alami.

Caranya Menggunakan Campuran Madu dan Susu sebagai penghilang komedo : pertama tama siapkan 1 sendok teh susu, 1 sendok makan madu murni dan selembar kapas kecantikan. Campurkan madu dan susu, lalu hangatkan sambil diaduk secara perlahan selama 5-10 detik hingga bentuknya menjadi pasta. Tunggu sampai agak dingin, lalu usap pasta tersebut padabagian kulit yang berkomedo. Setelah itu tempelkan kapas ke area tersebut. Tunggu hingga mengering, sekitar 20 menit, lalu kupas kapas dibantu dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Menggunakan Uang Air Panas

Uap air dapat juga dipakai untuk menghilangkan komedo. Caranya cukup mudah yaitu panaskan air secukupnya dalam panci atau wajan dengan api sedang, masukan sedikit garam pada air rebusan tersebut. Tunggu sampai air mendidih, lalu uapi wajah atau area kulit yang berkomedo. Lakukan proses penguapan selama kurang lebih 15 menit. Sebelum digunakan sebaiknya air yang sudah beruap dipindahkan dalam baskom atau wadah lainnya agar tidak terlalu panas.

Semoga temen temen yang sudah membaca artikel ini mendapatkan pengetahuan lebih  seputar penyebab, fakta, jenis jenis dan cara menghilangkan komedo secara alami

Kasih masukanmu di sini

loading...


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)