Cara Merubah Ukuran Cell Pada Excel

Ada beberapa cara untuk merubah ukuran cell atau sel pada microsoft excel. Sebelum kita membahas tentang caranya, sebaiknya kita mengetahui mengapa seseorang ingin merubah ukuran dari cell pada microsoft excel. pertama tama pasti akan muncul dibenak seseorang apakah cell harus dirubah ukurannya atau tidak ketika melihat panjang data yang tidak pas (match) dengan panjang cell. atau memang hanya ingin menstandarkan ukuran cell perkolomnya.

Cell terdiri dari dua faktor bidang yaitu tinggi dan lebar ke samping. Jarang sekali seseorang menggunakan tinggi dan lebar yang sama pada suatu sel. Seperti kita ketahui bahwa data memancang ke samping sehingga lebar cell akan lebih besar daripada tingginya.

CARA MERUBAH UKURAN CELL PADA MICROSOFT EXCEL

Untuk merubah ukuran cell pada microsoft excel kita harus merubah tinggi atau lebarnya. yang paling banyak di ubah adalah lebarnya. Karena tinggi karakter tidak akan bertambah, kecuali jika menggunakan wrap text, baris datanya akan bertambah jika lebar cell terlalu kecil.

Anda Harus Tahu   Kumpulan shortkey Pada Microsoft Excel

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merubah ukuran cell pada excel

1. Merubah Lebar cell

Untuk merubah lebar cell sangat lah mudah. Biasanya ketika kita merubah lebar suatu cell, cell yang dibawahnya akan ikut berubah, dengan kata lain cell dalam satu kolom akan berubah lebarnya. Caranya, pertama tama perhatikan cell mana yang akan kita ubah ukurannya. Misalkan cell yang akan diubah adalah Cell A1 maka klik kemudian drag pembatas pada header kolom A. Seperti berikut :

merubah ukuran lebar cell

2. Merubah Tinggi cell

Untuk merubah tinggi cell tidak jauh beda dengan merubah lebar cell. Jika pada saat merubah lebar kita menggeser pembatas header kolom, untuk merubah tinggi cell kita bisa menggeser pembatas baris ke bawah dan ke atas. Misalkan pada Cell A1 seperti gambar berikut :

merubah ukuran tinggi cell

3. Merubah ukuran cell sesuai data terpanjang dalam kolom

Cara berikutnya adalah merubah ukuran cell mengikuti panjang datanya. Seperti kita ketahui bahwa jika data kita memiliki panjang yang melebih lebar cell, data tersebut akan menjorok ke kanan. untuk membuatnya terlihat bagus, kita harus mengatur cell agar lebarnya bisa menutupi panjang data. Cara ini bisa juga digunakan pada beberapa kolom secara langsung.

Anda Harus Tahu   Cara Menghitung Persentase pada Excel

Pertama tama blok header kolom yang ukuran cellnya akan di ubah

Merubah ukuran kolom

Double klik pada pembatas kolom mana saja, bisa A, B C atau D. hasilnya akan sama saja, seperti gambar berikut :

merubah ukuran kolom pas

4. Merubah ukuran seluruh cell

Kita bisa merubah seluruh ukuran cell pada suatu sheet dengan cepat. Jika kita menginginkan suatu default ukuran cell yang beda dari biasanya, cara ini sangatlah cocok untuk digunakan. berikut langkah langkanya :

Klik kotak kecil yang ada di sudut kiri atas header kolom dan baris, nanti semua cell akan terblok

merubah semua ukuran cell

Geser / drag batas kolom A untuk melebarkan cell dan Geser / drag batas baris 1 untuk merubah tinggi cell

cara merubah ukuran cell pada excell

Demikian lah 4 cara yang bisa Anda gunakan untuk merubah ukuran cell pada microsoft excel. Memang sangat mudah bagi mereka yang tahu, mungkin saja ada sebagian pengunjung situs ini yang belum tahu menjadi tahu dan pastinya bermanfaat untuk mempercepat kerja menggunakan microsoft excel.

Bantu kami dengan cara like dan share artikel ini, mungkin saja teman teman anda membuatuhkan tutorial cara merubah ukuran cell pada excel ini. Jika Anda mempunyai ide tutorial apa yang Anda inginkan tentang microsoft excel, silahkan kirim saran Anda melalui komentar dibawah. Jangan lupa untuk mempraktekan cara merubah ukuran cell pada excel ini ya 🙂

Anda Harus Tahu   Menggunakan Fasilitas Text to Column Pada Excel

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)