Hal Positif yang bisa diambil dari MLM

MLM (Multi Level Marketing) adalah suatu metode marketing menggunakan sistem member bertingkat sebagai distributor. Member diharuskan menjual produk dari sebuah perusahaan sekaligus mencari orang untuk menjadi member, Sehingga jumlah member makin lama makin banyak. Untuk menjadi member tidak lah gratis. Setiap orang yang ingin menjadi member biasanya dikenakan biaya pendaftaran. bagi beberapa perusahaan uang pendaftaran tersebut sebagian menjadi bonus perekrut ( orang yang mengajak orang tersebut menjadi member).

Istilah untuk orang yang merekrut adalah upline dan yang direkrut adalah downline. Istilah tersebut diambil dari diagram posisi membership . diagram membership dari perusahaan yang menggunakan sistem MLM ada 2 macam yaitu bentuk piramida dan star. Pada diagram yang berbentuk piramida setiap member hanya bisa merekrut 2 orang secara langsung dibawah mereka. Jika mereka menemukan orang ke tiga untuk direkrut maka harus menyimpan posisinya di level berikutnya di bawah salah satu yang dua. Sedangkan untuk star bisa menyimpan posisi member rekrutannya langsung dibawahnya dengan batas tertentu.

Saya tidak akan terlalu panjang lebar menjelaskan MLM karena pasti di internet sudah banyak penjelasannya. Selama ini MLM berada pada konotasi negatif karena sering menimbulkan kerugian dan kekecewaaan bagi member membernya. Kadang kadang para member ketika merekrut orang lain memberikan janji bahwa dengan mengikuti program tersebut akan menjadi orang kaya mendadak. Padahal tidak semudah yang mereka pikirkan. Semua modal yang dikeluarkan untuk menjadi member akan sirna begitu saja ketika orang tersebut tidak kunjung berhasil merekrut orang lain. Kalau kita memperhatikan dengan seksama bentuk diagram membership piramida yang makin kebawah makin lebar dan orang yang berusaha merekrut orang lain semakin banyak dan akhirnya saingan pun dimana mana. ketika di sekitar kita tidak adalagi orang yang bisa direkrut mau kemana lagi kita mencari ?.

Anda Harus Tahu   Masihkah Anda Malas Setelah Membaca Cerita ini ?

Hal Positif yang bisa diambil dari MLM

Selain itu yang membuat MLM semakin dipandang buruk adalah kelakuan para member sendiri. Tidak sedikit dari mereka yang mencaci maki orang yang berkerja sebagai karyawan karena penghasilnnya yang kecil dan harus bekerja keras padahal penghasilan mereka juga tidak begitu jelas. Ada juga yang membuat tampilan atau gambar seolah-olah mereka sukses dengan cara berfoto ria didepan kendaran mewah milik orang lain sambil mengacungkan jempol ( semoga tidak ada yag tersinggung 😀 ) dan ada juga yang menipu orang lain agar datang ke seminarnya dengan berbohong bahwa itu adalah seminar pelatihan bisnis / UKM, bahkan ada yang bilang itu adalah acara ulang tahun temannya hahaha.

Dibalik kesan negatif MLMselama ini, ada beberapa hal bagus yang  bisa diambil oleh para membernya. berikut adalah beberapa Hal Positif yang bisa diambil dari MLM.

1. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Dengan mengikuti MLM kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik terhadap orang yang akan direkrut. Bagi yang sebelumnya sulit untuk berbicara dengan orang lain setelah mengikuti dengan baik seminar dan arahan dari upline nya, biasanya memiliki kemampuan berkomunikasi lebih baik dari sebelumnya. yang tadinya malu malu untuk mengobrol dan menyapa orang lain sekarang menjadi lebih berani. Hal ini mau tidak mau akan dilakukan karena jika tidak mendapatkan member maka percuma ikut MLM.

Anda Harus Tahu   Percaya terlebih dahulu sebelum bertindak

2. Meningkatkan kemampuan presentasi

Presentasi adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh para member MLM. Dengan cara ini mereka bisa lebih banyak menjaring para calon membernya. Presentasi yang ditampilkan harus semenarik mungkin dan sejelas mungkin agar membuat pada peserta presentasi tersebut menjadi tertarik untuk mengikuti program MLM yang di presentasikan. Kemampuan presentasi ini berguna juga ketika kita presentasi pelajara diseklah dan kampus atau presentasi report dan interview di perusahaan.

3. Memperbanyak kenalan /channel

Bagi para member yang tidak sering mengucilkan pekerjaan orang lain, Mengikuti program MLM sangat menguntungkan karena akan memperbanyak channel atau kenalan. Kita bisa memanfaatkan channel ini manakala suatu saat membutuhkan bantuan bisnis atau usaha. Mereka yang mengikuti program MLM biasanya orang orang yang berjiwa bisnis. Ketika mereka gagal di MLM tersebut, mereka pasti akan mencari ladang bisnis yang lainnya. Kita bisa ikut bisnis mereka atau menjadi partner dalam bisnis yang berbeda.

Ketiga hal ini sangat berguna bagi mereka yang benar benar belajar. Tidak semua anggota member menghargai ketiga hal tersebut. rata rata dari mereka hanya memikirkan bagaimana menjadi orang kaya  mendadak dari program MLM.  Semoga  Artikelnya bermanfaat untuk para pembaca dan para member atau para mantan member suatu MLM.

Anda Harus Tahu   Karakter menarik orang yang mempunyai golongan darah AB

Hal Positif yang bisa diambil dari MLM

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)