Jenis Jenis Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Jenis Jenis Makanan yang banyak mengandung protein adalah salah satu jenis makanan yang di butuhkan oleh tubuh. Seperti kita ketahui bahwa protein sangat berguna untuk tubuh kita. Protein memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup suatu organisme, yaitu sebagai pembantu reaksi metabolisme organ tubuh, membantu mengatur fungsi DNA, menanggapi rangsangan , serta membantu mengangkut molekul dari satu organ tubuh ke organ yang lainnya.

Selain itu, protein juga merupakan jenis molekul yang paling banyak dalam tubuh selain air. Protein dapat ditemukan di semua sel tubuh dan merupakan komponen struktur utama dari semua sel itu sendiri, terutama di otot, termasuk rambut dan kulit. Oleh karena itu pemenuhan kebutuhan protein bagi tubuh kita begitu penting, demi mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat.

Fungsi Lain dari protein :

  • Membantu pembentukan sel dan jaringan baru
  • Mengatur keseimbangan kadar asam dalam sel
  • Sebagai hormon sintesis, enzim, dan antibodi
  • Pembentuk masa otot

Karena fungsinya yang sangat penting dan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, kekurangan protein dapat memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan. Berikut ini adalah beberapa efek kekurangan protein pada tubuh kita :

  • Kwasiorkor, yaitu penderita kekurangan protein. Biasanya ini terjadi pada anak-anak. Contoh penyakit ini adalah busung lapar
  • Kerontokan pada rambut
  • Diare
  • Fatty liver
  • Edema dari perut dan kaki
  • Gangguan pertumbuhan
  • Keterbelakangan mental
  • Pada Ibu hamil, kekurangan protein dapat membuat bayi terlahir cacat

JENIS JENIS MAKANAN YANG MENGANDUNG PROTEIN TINGGI

Untuk menghindari berbagai jenis penyakit diatas, Mengetahui jenis jenis makanan yang mengandung protein sangatlah penting. Masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya protein bagi kesehatan. Dengan mengetahui jenis makanan yang mengandung protein diharapkan pembaca lebih teliti dalam memilih makanan. Anda bisa memasukan daftar makanan berikut pada menu harian :

Jenis Makanan Yang Mengandung Protein

1. Daging 

Daging termasuk jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam 100 gram daging terdapat 20 sampai 36 gram protein. Ukuran tersebut berasal dari beberapa jenis daging, mulai dari ikan, ayam, kambing sampai sapi. Dengan mengkonsumsi daging secara teratur, kita bisa memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

Anda Harus Tahu   7 Cara Menghilangkan Komedo Secara alami

2. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Tidak seperti daging, telur tidak mengandung lemak jenuh didalamnya. Sehingga lebih sehat daripada daging. Dalam 100 gram telur, terdapat 12,6 gram protein. Memang tidak begitu besar dibanding dengan daging tetapi lebih aman karena kandungan kalori didalamnya termasuk rendah.

3. Keju

Keju merupakan salah satu olahan susu yang sangat menyehatkan bagi tubuh manusia. Berbagai negara di Eropa memproduksi keju sebagai makanan peting dalam menu mereka. Mengkonsumsi Keju akan memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Dalam 100 gram keju terkandung 21 gram protein. Hampir setara dengan beberapa jenis daging.

4. Beras dan Gandum

Beras merupakan bahan makanan pokok bagi beberapa negara khususnya kawasan Asia termasuk Indonesia. Selain kandungan karbohidratnya yang tinggi, beras juga termasuk makanan yang mengandung protein. Kandungan protein dalam beras memang tidak sebesar karbohidratnya, yaitu sekitar 7 gram dalam 100 gram beras.

Gandum seperti halnya beras, merupakan salah satu makanan pokok bagi beberapa negara di Amerika dan Eropa. Gandum adalah jenis makanan yang menyumbangkan banyak energi bagi kehidupan dunia, kedua setelah beras. kandungan protein dalam gandum adalah sekitar 17 gram dalam 100 gram gandum, jauh lebih besar dibandingkan dengan beras.

5. Kacang kacangan

Kacang kacangan termasuk jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Jenis protein yang dihasilkannya berbeda beda tergantung jenis kacangnya. Kacang kacangan biasanya digunakan sebagai pengganti kebutuhan yang berasal dari hewan. Seperti lemak dan protein. Berikut ini adalah beberapa jenis kacang kacangan dan kandungan protein yang ada di dalamnya :

  • Kacang Kedelai (36.49 g / 100gr)
  • Kacang Hijau (3.04 g / 100 gr)
  • Kacang Almond (21.22 g / 100 gr)
  • Kacang Polong (25 g / 100 g)
  • Biji bunga matahari (20.78 g / 100 gr)
Anda Harus Tahu   Berbagai Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan Tubuh

6. Susu

Sudah tidak aneh lagi jika susu merupakan salah satu bahan makanan yang kaya manfaat. Selain kandungan kalsiumnya yang tinggi, Susu juga mengandung protein yang baik bagi tubuh kita. Jenis susu yang sering di minum oleh manusia didunia ini adalah Susu sapi dan susu kambing.

Susu Sapi mengandung 3.2 gram protein dalam setiap 100 gramnya, sedangkan untuk susu kambing mengandung 8.7 gram protein dalam 100 gramnya. Dalam hal pemenuhan protein, susu kambing lebih baik dibandingkan dengan susu sapi. Selain Kalsium dan protein, Susu juga mengandung lemak yang baik untuk perkembangan tubuh.

7. Bayam

Bayam banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, dalam 100 gram bayam kita bisa mendapatkan diantara karbohidrat sebesar 3,6 g protein sebesar 2,9 g  zat besi 2,71 mg. Dan masih banyak lagi kandungan gizi dalam bayam, seperti Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, fosfor, magnesium, lemak, potasium, dan zinc.

8. Kentang

Kentang merupakan jenis makanan yang mengandung protein. Tanaman Kentang termasuk umbi-umbian yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain kedua kandungan tersebut, dalam kentang kita bisa mendapatkan sumber protein yang sangat berguna bagi tubuh kita. Dalam sajian 100 g kentang kita bisa mendapatkan manfaat 2g protein kentang

9. Brokoli

Salah satu jenis sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin C dan serat adalah brokoli. Brokoli merupakan sumber zat yang sangat berguna untuk perbaikan DNA dalam sel yang digunakan untuk membunuh sel kanker dalam tubuh. Dalam 100 gram brokoli kita bisa mendapatkan protein sebanyak 2.8 gram

10. Buah buahan

Buah buahan adalah makanan sehat favorit semua orang. Selain rasanya yang rata rata manis, Jenis makanan ini juga begitu kaya akan manfaat. Kandungan gizi dalam buah sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Untuk menjaga kesehatan sebaiknya kita mengkonsumsi buah secara rutin. Pilih buah yang kandungan vitamin dan nutrinya sesuai dengan yang kita butuhkan. Berikut ini adalah buah buahan yang memiliki protein yang bagus untuk kebutuhan tubuh :

  • Buah Apel, Buah yang banyak penggemarnya ini dapat dikonsumsi baik dalam keadaan mentah ataupun dimasak. 2 buah apel berukuran sedang menangandung sekitar 0,60 gram protein. dan jika sajikan dengan cara di iris sebelumnya, menghasilkan 0,30 gram protein.
  • Buah Manggis. Buah yang memiliki warna kulit ungu dengan daging putih ini mengandung 0,5 gram protein per 100 gram. satu cangkir buah manggis mengandung sekitar 0,89 protein.
  • Jeruk keprok. Jeruk keprok juga merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan proteinnya. 1 buah jeruk berukuran besar mengandung 1 gram protein.
  • Buah pisang. Buah Pisang adalah salah satu buah yang memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Buah pisang mengandung 4 gram protein per 100 gram.
  • Blueberry . Blueberry selain mengandung vitamin dan mineral  juga kaya akan protein. Blueberry tersedia dalam beberapa bentuk penyajian seperti buah langsung, kalengan, mentah dan ada juga yang sudah menjadi sirup. 1 mangkuk blueberry mengandung 1.10 gram protein.
Anda Harus Tahu   Tips Cara Memilih Minyak Zaitun yang Bagus

Jenis Jenis Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi sebaiknya mulai dimasukan dalam menu makanan harian Anda. Pilih makanan yang berbeda setiap harinya agar tidak mudah bosan. Perlu di ingat bahwa menjaga kesehatan lebih penting daripada mengobati penyakit yang kita derita akibat kekurangan protein. Semoga Artikel tentang jenis jenis makanan yang mengandung protein tinggi ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk hidup lebih sehat.

Kasih masukanmu di sini

loading...


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)