Kamu Perlu Tahu Perbedaan Antara Boss dan Leader

Perbedaan Antara Boss dan Leader | Bagi Anda yang sudah bekerja pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Supervisor, Pimpinan, Manager dan Boss. Semuanya menggambarkan seseorang yang mengatur atau mengarahkan kita untuk bekerja sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan. Jabatan- jabatan tersebut bekerja pada bidang manajemen yakni mengatur para pekerja lainnya.

Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memimpin bawahannya untuk bekerja sesuai tujuan. Kita akan membaginya menjadi 2 tipe atasan dalam pekerjaan, Yakni Boss dan Leader. Berikut ini adalah beberapa Perbedaan Antara Boss dan Leader :

1. Perbedaan Boss dan Leader ketika meminta melakukan Pekerjaan

Perbedaan Boss dan Leader ketika meminta melakukan Pekerjaan

Boss tanpa banyak basa basi akan menyuruh bawahannya untuk melakukan pekerjaan. Mereka terlalu terobsesi terhadap posisi sehingga berpikir bahwa lu bawahan dan gw adalah atasan, bagaimana pun lu harus nurut. Sedangkan Leader sangat menghargai orang yang dia pimpin, dia sadar setiap orang ingin dihargai oleh karena itu pemimpin cenderung membuat bawahannya dengan suka rela mengerjakan apa yang menjadi tugasnya.

Anda Harus Tahu   Kebahagiaanmu Saat ini Mungkin karena Doa Orang Tua

2. Perbedaan Boss dan Leader ketika menghadapi kegagalan

Karena seorang boss kerjaannya hanya menyuruh orang, maka cenderung mereka tidak tahu detail dari pekerjaan bawahannya. Yang dia tahu pekerjaan itu beres dikerjakan bawahannya. Sedangkan leader senantiasa mengawasi dan membimbing bawahannya dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan. Sehingga dapat menghitung persentasi keberhasilan anak buahnya dalam melakukan pekerjaan. Jika suatu saat leader kurang yakin dengan pekerjaan anak buahnya karena kemampuan mereka yang belum mumpuni atau karena hal lain, maka leader bisa menyiapkan Plan B atau rencana lainnya untuk memperbaiki kegagalan.

Boss menyalahkan kegagalan leader memperbaiki kegagalan

3. Perbedaan Boss dengan Leader dalam memahami perkerjaan

Seperti yang telah dibahas di point 2 bahwa Boss tidak begituserius dalam memahami pekerjaan anak buahnya. dia hanya menyuruh dan menjelaskan secara teori. setelah itu tidak mau tahu pekerjaannya harus segera beres. Sedangkan leader mengerti bahwa tidak semua orang bisa menangkap penjelasan dengan cepat kadang perlu ditunjukkan bagaimana mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik. Perlu di ketahui bahwa boss yang tidak tahu apa paa tentang pekerjaan anak buahnya mudah di bodoh bodohi 😀

Anda Harus Tahu   Jilboobs style trend pakaian gila wanita muslim Indonesia

boss memerintahkan leader mencontohkan

4. Perbedaan Boss dan Leader dalam menerima penghargaan

Kurangnya rasa menghargai dari seorang boss kadang membuat bawahannya merasa geram. Boss yang berpikir bahwa tanpa dia semuanya tidak akan berjalan dengan baik. Sedangkan Leader tahu bahwa meskipun dia mempunyai ide yang cemerlang tetapi tanpa bantuan dari teamnya keberhasilan tidak akan tercapai.

boss egois sedangkan leader bijaksana

5. Perbedaan Boss dan Leader dalam hal penghargaan

Boss tidak memahami arti penghargaan untuk orang lain. Sifat egois yang berasal dari perbedaan tingat dan posisi atasan dan bawahan membuat dia merasa bahwa dia lah yang harus dihargai atas jerih payahnya. Sedangkan Leader lebih mengutamakan team yang telah dibangunnya. Ketika salah satu dari mereka ada yang berprestasi maka mereka harus mendapatkan pujian atau reward.

boss mengambil penghargaan leader memberikannya

6. Perbedaan Boss dan Leader dalam memperlakukan bawahannya

Banyak atasan atasan dalam perusahaan yang ada di Indonesia yang masih memegang tipe kepemimpinan Boss. Salah satu buktinya adalah kecenderungan atasan hanya menyuruh dan menyuruh kerja tanpa memperhatikan kemampuan dari anak buahnya. Oleh sebab itu perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memperhatikan kemampuan dari karyawannya. Untuk pengembangannya Karyawan bisa dilakukan dengan diadakannya training dan pembentukan karakter. Leader yang baik selalu memperhatikan karyawannya apakah sudah mendapat training atau pengembangan lainnya atau belum

Anda Harus Tahu   Bagaimana Cara Agar Orang lain Mau Membantu Kita

boss memanfaatkan leader memberdayakan orang lain
6 Perbedaan Boss dan Leader di atas sudah menggambarkan sebagian besar perbedaan karakter kepemimpinan diantara keduanya. Sekrang coba perhatikan pimpinanmu dikantor. apakah termasuk boss atau leader ? hehehe

Kasih masukanmu di sini

loading...


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)