Kumpulan Plugin WordPress untuk Mempercepat Loading Blog

Kumpulan Plugin WordPress untuk Mempercepat Loading Blog. Memiliki sebuah blog dengan kecepatan loading yang tinggi sangat lah menguntungkan. Karena google suka sekali dengan blog atau situs yang loadingnya cepat. Dengan kata lain kecepatan loading sebuah blog atau situs sangat berpengaruh terhadap SEO. Selain itu user experience juga akan meningkat. Pengunjung akan merasa betah berlama lama explore blog kita.

CMS yang paling mudah digunakan sekarang ini menurut Tukangteori.com adalah wordpress. Dengan theme dan plugin yang ada di Internet, kita bisa membuat sebuah blog yang kita mau tanpa susah payah menulis kode kode atau script. Bagi Anda yang memiliki blog dengan menggunakan CMS wordpress, Perlu diketahui bahwa ada banyak plugin yang bisa mempercepat loading blog Anda. Berikut ini adalah Kumpulan Plugin WordPress untuk Mempercepat Loading Blog

Plugin WordPress untuk Mempercepat Loading

1. P3 Plugin Profiler

P3 Plugin Profiler berguna untuk mengecek pengaruh plugin yang di install terhadap kecepatan loading blog. Perlu diketahui kode kode atau script yang ada pada plugin membutuhkan waktu eksekusi pada setiap halaman blog ditampilkan. Dengan plugin ini kita bisa tahu persentasi pengaruh masing masing plugin pada kecepatan loading blog.

Anda Harus Tahu   Cara Setting Judul dan Deskripsi Singkat blog wordpress

2. W3tc, wp super cache, zencache

Cache adalah mekanisme pada penyimpanan data sekunder yang berkecepatan tinggi dan di gunakan sebagai menyimpan data atau instruksi yang sering di akses. Sebuah cache biasa di definisikan sebagai istilah tempat untuk menyimpan data sementara dan tujuan dari proses caching adalah untuk menjadikan pekerjaan lebih cepat yang dimaksud adalah Loading Blog. Efek yang paling terasa ketika kita menginstal plugin cache adalah ketika kita mengunjungi blog pertama kali akan terasa berat tetapi untuk kunjungan berikutnya akan lebih ringan.

3. Unveil lazy load

Anda mungkin pernah menemukan plugin yang memiliki nama Lazy load salah satunya unveil Lazy load. Plugin Lazy load berfungsi untuk mendelay loading gambar. Sehingga pengunjung blog bisa melihat konten tulisan terlebih dahulu. ketika pengunjung men-scroll ke bagian gambar maka gambar akan segera dimuat. Plugin ini sangat bagus bagi Anda pemiilik blog yang banyak gambarnya.

4. Image compressor

Plugin Image compressor berguna untuk memperkecil ukuran photo tanpa mengurangi kualitasnya. photo yang memili ukuran yang besar dapat menghambat loading sebuah halaman. Oleh karena itu kita butuh plugin Image compressor. 2 Plugin image compressor yang termasuk bagus adalah WP smush danEWWW Image optimizer

Anda Harus Tahu   Cara Membuat Read More Manual Di WordPress

5. javascript dan CSS optimation

Untuk memperkecil beban blog pada saat loading kita harus sebisa mungkin mengoptimasi script script yang ada. Jenis script yang sering ada pada blog wordpress selain PHP adalah javascript dan CSS. Semakin banyak jumlah script maka semakin banyak juga request yang dilakukan. Sehingga akan memperlambat loading dari blog. Cara paling mudah adalah dengan cara meng-combine script script yang ada menjadi seminimal mungkin, kalau bisa hanya menjadi satu script. Jadi nantinya request yang dilakukan tidak terlalu banyak.

Sekarng proses combine ini semakin mudah dengan adanya plugin plugin javascript dan CSS combiner, contohnya seperti JCH combiner, W3C script optimize dan banyak lagi. coba search dengan kata kunci “Javascript and CSS combiner/optimize”

6. wp optimize database

Dengan menggunakaan plugin WP plugin untuk database, kita bisa membersihkan data data yang tidak dibutuhkan yang ikut terload. Data yang tidak diperlukan akan di hapus sehingga tempat hosting kita tidak terlalu penuh.

untuk plugin lainnya bisa anda cari sendiri. ke 6 tipe plugin diatas adalah wajib di install jika anda ingin memiliki blog dengan kecepatan loading yang tinggi. selain itu anda juga bisa menggunakan jasa CDN. Mungkin nanti kami akan menjelaskan tentang CDN ini. sampai disini artikel tentang Kumpulan Plugin WordPress untuk Mempercepat Loading.

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)