Menggunakan Fasilitas Filter Data

Posted on

Menggunakan Fasilitas Filter Data. Sesuai dengan namanya fasilitas filter berfungsi untuk menyaring data data tertentu untuk ditampilkan pada tabel sedangkan yang tidak terfilter tidak akan ditampilkan. ini hanya masalah penglihatan saja sebenarnya data yang tidak terfilter masih ada atau tidak hilang melainkan hanya tidak terlihat di wordksheet kita. filter sangat membantu dalam setiap pekerjaan dengan data yang bertipe banyak. data yang banyak dan berbeda beda jenisnya sering membuat kita bingung dan tidak enak melihatnya dengan fasilitas filter ini kita bisa menampilkan data yang kita inginkan untuk di hitung atau diedit dan tentunya membuat kita tidak bingung melihatnya.

cara Menggunakan Fasilitas Filter Data sangat mudah, berikut adalah langkah langkahnya :

disini saya mempunyai contoh data yang bisa di filter dan di sorting sebagai berikut :

Menggunakan Fasilitas Filter Data

 

pilih cell teratas atau header data pada tabel tersebut kemudian pilih menu >> sort & filter >> filter

Menggunakan Fasilitas Filter Data

pada header tabel akan muncul icon dropdown di sebelah kanan masing masing cell

klik icon tersebut kemudian uncheck yang tidak akan di tampilkan. pada contoh kali ini kita akan menampilkan filterdata yang berdasarkan mata pelajaran yang diambil dan kita memfilter hanya yang bahasa English saja yang akan tampil seperti berikut :

Menggunakan Fasilitas Filter Data

kemudian klik OK

maka hasilnya akan seperti berikut :

Menggunakan Fasilitas Filter Data

terlihat pada gambar diatas yang tampil hanya lah data yang berdasarkan pada mata pelajaran English. anda bisa mencoba untuk memfilter dengan mata pelajaran yang lain seperti IPA atau MTK. coba juga filter berdasarkan pada nama. coba filter berdasarkan nama Adit atau Edwin.

sekedar mengingatkan, sebaiknya para pembaca mempraktekan langsung postingan yang ada di solusi excel ini agar lebih mengingatnya ketika  mempraktekan dalam pekerjaan pembaca.

sekian tutorial Menggunakan Fasilitas Filter Data

Menggunakan Fasilitas Filter Data

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini