Penjelasan dan penggunaan fungsi VLOOKUP

Penjelasan dan penggunaan fungsi VLOOKUP | Fungsi VLOOKUP adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil data bedasarkan data pada kolom pertama yang di ambil. maksudnya adalah ketika kita ingin menampilkan suatu data berdasarkan data yang lain yang berada di kolom pertama. misalkan kita ingin mengetahui nama seseorang berdasarkan nomor IDnya. Data ID berada pada kolom pertama dari kumpulan data kemudian nama berrada di kolom kedua, dengan menggunakan VLOOKUP ini kita bisa mengetahui nama pemilik ID tersebut.

seperti namanya fungsi VLOOKUP mengambil data berdasarkan arah Vertikal dari atas kebawah atau dengan kata lain fungsi ini akan mengambil data yang sejajar dengannya. pengambilan data berdasarkan kolom yang ada, data yang harus diketahui pertama kali adalah kolom pertama sebagai kolom pembanding dengan kolom kolom berikutnya.

Format dari fungsi VLOOKUP adalah =VLOOKUP(Value_lookup,Table_Array,C0l_index_Num,range_lookup)

Value_lookup : data yang diketahui dan akan menjadi referensi yang berada pada kolom satu

Table Array : beberapa kolom yang akan dibandingkan, termasuk kolom satu sampai kolom yang berisi data yang dituju

Anda Harus Tahu   Fungsi IF Bertingkat Pada Excel

Col_Index_NUM : kolom yang berisi data yang akan diambil berdasarkan kolom pertama

range_lookup : nilai logikal yang akan mengambil kolom yang paling mendekati hasil untuk nilai true dan exact match untuk nilai false (anda bisa mengexplorenya sendiri pada saat penggunaan)

Agar lebih jelas sebaiknya kita langsung saja mempraktekan penggunaan fungsi VLOOKUP ini :

1. buka worksheet seperti biasa

2. Masukan data seperti berikut ini

fungsi VLOOKUP

Data diatas adalah kumpulan biodata, jika datanya sedikit seperti ini kita pasti langsung tahu dengan cara melihatnya tetapi jika datanya banyak melihat satu persatu malahan bingung. saya yakin suatu saat para pembaca akan membutuhkan fungsi Ini.

untuk praktek kali ini kita akan mengambil data nama dari beberapa Id yang diketahui

3. buatlah tabel di kecil di sebelah data data diatas dan tuliskan sembarang ID seperti ini :

fungsi VLOOKUP 2kita ingin mengetahui nama pemilik ID ID yang terlihat pada gambar diatas dengan menggunakan Fungsi VLOOKUP

4. pilih cell H2 (cell disebelah kanan ID 1202404)

Anda Harus Tahu   Cara Memasukan komentar pada Cell di Excel

5. kemudian masukan fungsi VLOOKUP seperti berikut : =VLOOKUP(G2,A:E,2,0)

pada fungsi diatas saya memasukkan semua kolom sebagai data yang bisa diambil (A:E). anda juga bisa merubahnya menjadi mencakupi range tertentu contohnya ($A$2:$E$15). angka 2 adalah kolom yang dibandingkan adalah kolom ke 2 karena kita akan mencari “nama”, jika kita ingin mencari “pekerjaan” maka bisa memasukan angka 4.

6. hasilnya akan seperti berikut ini :

fungsi VLOOKUP 3data dengan ID 1202415 menghasilkan #N/A karena pada kolom ID tidak ada ID tersebut sehingga tidak dapat menghasilkan data yang sebenarnya.

saya rasa penjelasan ini sudah sangat jelas, jika belum jelas silahkan komentar dikolom komentar yang telah disediakan. sekian tutorial Penjelasan dan penggunaan fungsi VLOOKUP. semoga bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk share kepada orang lain jika dirasa tutorial ini berguna untuk anda karena mungkin saja teman anda juga membutuhkannya.

Penjelasan dan penggunaan fungsi VLOOKUP

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)