Penjelasan Fungsi Statistik pada Microsoft Excel

Penjelasan Fungsi Statistik pada Microsoft Excel. Excel merupakan aplikasi yang sangat berguna dalam mengolah data. Dengan fungsi fungsi yang ada didalamnya memudahkan kita untuk mengerjakan pekerjaan kantor dan tugas sekolah. Ada beberapa jenis fungsi menurut Kegunaannya. Salah satunya dalah Fungsi Statistik.

Fungsi statistik adalah fungsi yang digunakan untuk mengolah data  sehingga lebih mudah untuk dianalisis. penggunaan jenis fungsi ini terbilang mudah jika dibandingan dengan fungsi logika atau matematika. Suatu data akan lebih mudah dibaca ketika diketahui nilai nilai olahannya seperti nilai tertinggi, nilai terrendah, rata rata, jumlah data dengan ciri tertentu dan lain lain.

Fungsi Statistik pada Microsoft Excel

Berikut ini adalah nama dan Penjelasan Fungsi Statistik pada Microsoft Excel :

1. Fungsi SUM

Fungsi SUM di gunakan untuk menjumlah seluruh data yang ada pada sebuah range tertentu. Merupakan fungsi utama dalam sebuah statistik. Dengan Fungsi ini kita bisa mengetahui jumlah keseleruhan data.

Format Fungsi SUM : =SUM(Range)

Contoh : =SUM(A1,A2,A3) atau =SUM(A1:A3)

2. Fungsi MIN

Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terendah pada sebuah range data tertentu. User akan lebih mudah menganalisis dengan adanya Fungsi ini.

Anda Harus Tahu   Fungsi IF Bertingkat Pada Excel

Format Fungsi MIN : =MIN(Range)

Contoh : =MIN(A1:A3)

3. Fungsi MAX

Fungsi MAX merupakan Kebalikan dari Fungsi MIN yakni mencari nilai tertinggi dati range data tertentu. Kita tidak perlu lagi mengecek dan membandingkan data satu persatu untuk mendapatkan nilai tertinggi, cukup dengan menggunakan fungsi yang satu ini

Format Fungsi MAX : =MAX(Range)

Contoh : =MAX(A1:A4)

4. Fungsi AVERAGE

Fungsi AVERAGE adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari nilai rata rata pada sebuah range tertentu. untuk mencari nilai rata rata kita menambahkan semua data di bagi dengan jumlah data yang dijumlahkan. Dengan menggunakan Fungsi ini kita tinggal memasukan formula dalam sel saja.

Format Fungsi AVERAGE : = AVERAGE(Range)

Contoh : =AVERAGE(A1:A4)

5. Fungsi COUNT dan Turunannya

Fungsi COUNT adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung berapa jumlah data pada range tertentu. Berbeda dengan Fungsi SUM yang menjumlahkan semua data. Fungsi ini hanya menghitung berapa data yang ada pada range. Fungsi COUNT ini mempunyai beberapa turunan yakni COUNTA, COUNTBLANK, COUNTIF dan COUNTIFS

Anda Harus Tahu   Membuat chart column tidak berspasi

Untuk penjelasan tentang Fungsi COUNT dan keturunannya silahkan klik Disini

6. Fungsi STDEV

Fungsi Standar Deviasi digunakan untuk menghitung nilai deviasi Baku pada suatu range tertentu

Format Fungsi STDEV : =STDEV(Range)

Contoh : =STDEV(A1:B10)

7. Fungsi LARGE

Fungsi LARGE adalah fungsi yang digunakan untuk menentukan rangking nilai terbesar lebih dari satu. Misalkan kedua ter besar atau ke tiga terbesar.

Format Fungsi LARGE : =LARGE(Array,K)

Array bisa dimaksudkan range atau data berurutan lainnya. K adalah peringkat terbesarnya misalkan mau ke 2, ke 3 dan seterusnya

Contoh : =LARGE(A1:A10,2) Formula ini untuk mencari nilai terbesar ke 2

Karena ini adalah tutorial dasar maka kami hanya menampilkan 7 Fungsi yang sering digunakan untuk statistika. Semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa untuk mempraktekan Fungsi Statistik pada Microsoft Excel

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)