Penjelasan Teori Cermin Diri Oleh Charles Horton Cooley

Diri sebagai sisi khas atau khusus dari kemanusiaan (Humanness), dibangun secara sosial dan emosional. maksudnya, perasaan mengenai diri kita berkembang melalui interaksi dengan orang lain atau sering kita sebut dengan bersosialisasi. Cooley (1964) mengusulkan sebuah konsep mengenai dunia sosial dari hidup manusia, konsep tersebut Looking Glass Self theory (Teori cermin diri) untuk menggambarkan suatu analogi perkembangan diri melalui cermin, di mana cermin memantulkan apa yang ada didepannya, dari sana seseorang melihat dirinya sendiri, sebuah imajinasi yang bisa merubah pandangan hidup seseorang melalui gambaran dirinya sendiri di mata sosial : apakah seseorang itu ganteng, cantik, perkasa, atau ramah. Terdapat tiga unsur dalam konsep Looking Glass Self ( Teori cermin diri) ini :

1. Imajinasi tentang pandangan orang lain terhadap diri seseorang, seperti bagaimana pakaian atau tingkah lakunya di mata orang lain. Sebagai contoh, kita dapat berpikir bahwa orang lain menganggap diri kita sebagai seorang peramah atau pemarah.

2. Imajinasi terhadap penilaian orang lain tentang apa yang terdapat pada diri masing-masing orang. Anda menarik kesimpulan bagaimana orang lain mengevaluasi anda. Apakah mereka menyukai anda karena anda seorang peramah?

Anda Harus Tahu   Penjelasan Teori Belajar Humanistik

3. Perasaan seseorang tentang penilaian-penilaian itu. Anda mengembangkan suatu konsep-diri (self-concept). Cara anda menginterpretasikan reaksi orang lain terhadap anda, memberikan anda perasaan dan ide mengenai diri anda sendiri. Suatu refleksi diri yang menyenangkan dalam cerminn diri social ini mengarah pada suatu konsep diri yang positif, Dari sisi lain suatu refleksi negative mengarah ke suatu konsep diri negative

Teori Cermin Diri Oleh Charles Horton Cooley

Sekilas tentang pencetus Teori Cermin diri ini, Beliau adalah Charles Horton Cooley (1864-1929), menyelesaikan program doktornya di Universitas Michigan pada 1894. Karir dosennya telah dimulai semenjak sebelum meraih gelar Ph.D-nya di almamaternya sampai pension. Meski C.H. Cooley mengajar di Universitas Michigan, namun pemikiran sosiologinya mengikuti aliran Chicago yang sejalan dengan teori interaksionisme simbolik.

Keunikan dari Melakukan cermin diri ini adalah kita mempraktekan konsep ini tidak berhenti pada suatu masa, misalnya masa dewasa yang dianggap telah memiliki konsep diri yang mapan dan tetap. Sebaliknya, konsep diri dibangun terus-menerus sepanjang hayat. Agar tercipta diri yang semakin hari semakin baik. Dengan demikian, konsep diri menurut Cooley merupakan produk yang tidak pernah selesai dibentuk, bahkan sampai usia lanjut.

Anda Harus Tahu   Teori Perkembangan Kognitif Bruner

Penerapan Teori Cermin Diri Oleh Charles Horton Cooley

Bagaimana relevansi Looking Glass Self (cermin diri) pada proses perkembangan diri di masyarakat saat ini?  Dalam kehidupan politik di Indonesia pernah ada beberapa partai politik yang mencitrakan diri sebagai “partainya wong cilik”. Pada awalnya pencitraan ini menarik banyak orang untuk memilih partai ini. Namun pencitraan tersebut memudar di kala pemimpin “partainya wong cilik” menjadi kepala pemerintahan, yang memiliki otoritas untuk merealisasikan citra yang melekat pada partainya. Namun sayangnya kebanyakan kebijakan yang dibuat, menurut pandangan pemilihnya, tidak mencerminkan keberpihakan pada “wong cilik”. Akibatnya lawannya melesatkan jargon “partainya wong cilik” menjadi “partainya wong gede”. Sehingga “partainya wong cilik” yang sebelumnya sebagai partai pemenang pemilihan umum dikalahkan oleh partai lain pada pemilihan berikutnya.

Tidak perlu jauh jauh sampai ke ranah politik. Dalam kehidupan sehari hari pun kita bisa menemukan relevansi dengan lingkungan tempat kita berada. Bagaimana kita bisa melihat pandangan orang lain terhadap keseharian kita baik dirumah, sekolah atau pun tempat kerja. Imajinasi yang kita miliki tentang penilaian sosial dari orang orang sekitar kita, mendorong agar kita bersikap lebih baik lagi. Semua semata mata karena kita ingin melihat bayangan diri terlihat lebih baik di mata sosial atau orang orang dilingkungan kita.

Anda Harus Tahu   Penjelasan Teori Komunikasi Dua Tahap Media Massa

Penjelasan Teori Cermin Diri

Karena mengandalkan dasar Self centris, teori ini memiliki kelemahan,

1. Pandangan Cooley dinilai lebih cocok untuk memahami kelompok atau individu tertentu saja di dalam masyarakat yang memang berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya.

2. Teori Cermin diri ini dianggap terlalu sederhana. Cooley tidak menjelaskan tentang suatu kepribadian dewasa yang bisa menilai tingkah laku orang lain. Sudah jelas bahwa kita hanya menilai diri kita sendiri dalam pandangan orang lain dan tidak menilai orang tersebut.

Setiap konsep dalam kehidupan sosial saling mendukung atau bertentangan satu sama lain. Mengetahui beberapa konsep atau teori tentang masyarakat dari para ahli sangatlah penting. Agar kita semakin maju dalam kehidupan bersosial. Salah satu teori yang perlu kita ketahui adalah Teori Cermin Diri ini.

Kasih masukanmu di sini


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)