Tips Cara Memilih Minyak Zaitun yang Bagus

Tips Cara Memilih Minyak Zaitun yang Bagus. Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak herbal yang banyak dicari karena manfaatnya yang berlimpah. Orang orang muslim percaya bahwa buah ini sangat bermanfaat karena sudah di jelaskan oleh hadits Nabi Muhammad SAW :

“Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati ” (HR.Baihaqi & Ibnu Majah )
Memilih buah Zaitun

Berbagai penelitian ilmiah menyatakan bahwa buah zaitu tergolong zat makanan yang bagus. Di dalamnya terdapat kadar protein yang besar, sebagaimana ia memiliki kadar garam yang mengandung kalsium, zat besi, dan fosfat. Ini merupakan zat-zat penting dan vital yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah dan Minyak Zaitun juga mengandung vitamin A dan B.

Minyak zaitun secara keseluruhan mampu mengungguli segala jenis minyak nabati maupun hewani. Karena ia tidak akan mengakibatkan penyakit pada saluran darah atau urat nadi, seperti yang diakibatkan oleh jenis minyak lain.

Berikut ini Beberapa Tips Cara memilih Minyak Zaitun yang Bagus dan cara memanfaatkannya :

Anda Harus Tahu   Penjelasan tentang penyakit Bipolar Disorder

Cara Memilih buah zaitun yang bagus

1. Ada Beberapa warna dari Minyak Zaitun

Jenis minyak zaitun bisa dilihat dari warnanya sendiri. Minyak yang berwarna hijau ke kuningan adalah Minyak zaitun Virgin Oil yang bisa dikonsumsi secara langsung, Warna Kuning kehijauan adalah minyak zaitun Murni yang bisa dipakai untuk menumin makanan dengan api sedang. Sedangkan yang terakhir adalah minyak Zaitun sulingan yang dimanfaatkan untuk memasak.

2. Membedakan Minyak Zaitun Asli dan Palsu

Untuk mengetahui mana Minyak zaitun yang Asli dan palsu tidak lah begitu sulit. letakkan satu sendok kecil minyak zaitun di telapak tangan, kemudian gosok dengan kedua tangan selama 1 menit, setelah itu ciumlah aroma minyak zaitun. Jika anda merasakan panas dan mencium aroma yang kuat di tangan berarti minyak zaitun itu asli.

3. Minyak zaitun asli akan terasa panas ditenggorokan

Selain cara di atas, kita bisa mencobanya secara langsung. Jika yang kita konsumsi adalah Zaitun yang asli maka pada tenggorokan kita akan muncul sensai “terbakar”. ini adalah hal yang baik. Peneliti menjelaskan bahwa rasa tersebut merupakan indikasi kandungan polyphenol yang sehat dalam minyak.

Anda Harus Tahu   Lakukan Aktifitas Pagi Hari ini agar Hari Anda Menyenangkan

4. Perhatikan tanggal Kadaluarsa / Layak Pakai

Perhatikan selalu masa kadaluarsa minyak zaitun yang akan anda beli. Semakin dekat masa pakai / kadaluarsa produk, maka kualitas produk bisa jadi berkurang.  Hindari membeli produk yang tidak mencantumkan informasi panen buah zaitun, kapan di kemas.  Karena kadaluarsa ditentukan dengan proses panen, produksi dan pengemasan. Dengan anda memperhatikan ini, tentunya uang yang anda pakai untuk membeli tidak terbuang percuma

5. Jauhkan dari tempat panas

Simpan Minyak zaitun pada suhu ruangan untuk mempertahankan kualitasnya. Sebisa mungkin jauhkan dari tempat yang panas selama masa penyimpanan. Meskipun beberapa cara pengolahan minyak zaitun menggunakan panas yaitu untuk menggoreng,Minyak ini akan mengalami penurunan kualitas jika bersentuhan dengan panas dengan  tempo waktu yang lama.

6.  Jangan membeli Minyak Zaitun yang berkualitas rendah

Meski bahan kimia yang digunakan pada minyak zaitun tidak berbahaya (untuk pemakaian singkat), namun bukan berarti anda harus memilih minyak zaitun yang murahan dan berkualitas buruk. Selain rasanya yang berbeda, kandungan nutrisi pada minyak zaitun berkualitas rendah lebih sedikit, bahkan nyaris tidak ada. Oya ada salah satu jenis minyak zaitun yakni “Pomance olive oil” (yang dikuatirkan dijual curah), adalah minyak ampas (biji) zaitun, merupakan minyak bekas hasil olahan dengan memanfaatkan ampas bekas perasan ditambah dengan biji zaitun dan sari sayuran.  Minyak tersebut mengandung zat penyebab kanker “benzopyrene”.  Jangan dibeli meskipun harganya murah.

Anda Harus Tahu   Cara Memilih Buah Naga yang Bagus

Nah itu dia Tips Cara Memilih Minyak Zaitun yang Bagus dari Tukangteori.com. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi dalam pemilihan Minyak zaitun dan bagaimana pemanfaatannya. Jika berkenan silahkan share artikel tentang minyak zaitun ini kepada teman teman Anda 🙂

Kasih masukanmu di sini

loading...


Selamat Datang di Tukangteori.com

Tukang Teori logo besar 

Bantu kami membagikan Informasi dengan cara share dan like :)